Unit Reskrim Polsek Pesisir Tengah Amankan Residivis Curat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hingga kini jajaran Polsek Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) masih terus melaksanakan Operasi Cempaka Krakatau 2021 diwilayah hukum Polsek setempat.

Bahkan, selama operasi itu Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Pesisir Tengah, berhasil mengamankan satu pelaku percobaan pencurian dengan pemberatan (curat) di Pekon Kampungjawa Kecamatan Pesisir Tengah.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Pesisir Tengah, Kompol Drs.Ansori BM Siddik, mendampingi Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., melalui Kanit Reskrim Polsek setempat, Ipda Andi Prasetio, mengatakan hingga kini pihaknya masih rutin melaksanakan operasi cempaka Krakatau 2021.

Sedangkan, untuk pelaku percobaan pencurian dengan pemberatan yang berhasil diamankan selama operasi itu dengan pelaku yakni Sarto alias Tauk (48) warga Pekon Kampungjawa Kecamatan Pesisir Tengah, pada Senin (15/2) lalu.

“Untuk tindak pidana pencurian, ada satu pelaku yang diamankan selama kegiatan operasi cempaka krakatau 2021, itu pun tindak pidana percobaan pencurian, meski begitu tetap masuk dalam ranah pidana,” katanya, Selasa (23/2).

Dijelaskannya, pelaku percobaan pencurian yang merupakan residivis spesialis pencurian didalam rumah itu diamankan saat melakukan aksinya di salah satu rumah dinas (rumdis) cabang kejaksaan Negeri Lampung Barat di Krui dengan korban Junaidi Zahri (49). Bahkan, pelaku sempat menjadi amukan warga yang mengetahui kejadian tersebut.

“Sebelumnya, penangkapan pelaku atas nama Sarto itu berdasarkan LP/111/II/2021/POLDA LPG/RES LAMBAR/SEK PETENG, tanggal 15 Februari 2021, dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di rumdis Cabjari Krui di Pekon Kampungjawa,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia, kronologis percobaan pencurian itu yakni pelaku masuk kedalam rumah korban dengan cara mencongkel dan merusak jendela dengan menggunakan besi yang pada bagian ujungnya dipipihkan dengan panjang sekitar 20 centimeter, selain menggunakan besi kecil, pelaku juga menggunakan satu buah palu.

“Setelah jendela berhasil dicongkel dan dirusak, pelaku mencoba masuk kedalam rumah korban melalui jendela itu dan hendak mengambil tas yang tidak jauh dari jendela itu,” ungkapnya.

Tapi, saat bagian kepala dan badan pelaku masuk kedalam rumah melalui jendela itu, pelaku diketahui oleh korban yang berada didalam rumah. Sehingga, saat itu juga pelaku langsung berupaya untuk melarikan diri. Kemudian, korban keluar rumah dan minta bantuan warga setempat bahwa terjadi pencurian.

“Warga yang mengetahui dan mendengar ada yang berteriak minta tolong itu, korban juga langsung bergegas untuk mengejar pelaku dan kemudian pelaku berhasil diamankan oleh warga saat bersembunyi di dalam kolam tidak jauh dari Rumdis itu,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat itu emosi warga tidak terbendung dan kemudian pelaku sempat diamuk oleh warga hingga mengakibatkan pelaku mengalami luka robek pada bagian pelipis mata sebelah kiri, bagian atas dan bawah serta luka lebam pada mata kiri hingga kening kiri atas. Saat itu juga pelaku diserahkan ke Polsek Pesisir Tengah untuk diamankan beserta barang bukti berupa satu batang besi, satu buah tas selempang, dan satu buah power bank.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya pelaku dijerat Pasal 363 Ayat 1 ke (3) dan (5) jo 53 Ayat 1 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat terutama di wilayah hukum Polsek setempat untuk tetap waspada dan berhati-hati serta tidak lengah. Terutama saat hendak meninggalkan rumah seperti mengecek pintu dan jendela untuk memastikan sudah terkunci dan sebagainya. Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana pencurian ataupun tindak kejahatan lainnya.

“Kita berharap masyarakat tetap waspada terhadap aksi pencurian, selain itu juga jika di wilayahnya terjadi ada aksi pencurian atau tindak kejahatan lainnya agar segera melapor ke Polsek atau aparat kepolisian terdekat,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)




Pos terkait