Untuk Lampung Barat Hebat, Perangkat Pekon Bentuk PPDI

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Wisata Bumi Perkemahan Mabarjaya, Pekon Sukaraja, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat menjadi tempat bersejarah, bagi perangkat pekon se-Lambar. 

Dimana Minggu (4/10) perwakilan aparatur pekon dari 15 Kecamatan tersebar di kabupaten tersebut membentuk Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Cabang Lampung Barat.

Dalam pengantar musyawarah daerah pembentukan pengurus PPDI Lambar 2020-2025 tersebut, PPDI adalah wadah bagi para perangkat pekon yang terdiri dari juru tulis. kaur, Kasi dan pemangku untuk silaturahmi, berkomunikasi, koordinasi dan juga sebagai tempat belajar bertukar ilmu dan informasi. 

Dimana PPDI adalah organisasi yang ada dari tingkat pusat (Jakarta) sampai tingkat kabupaten. Sehingga kabupaten dan kecamatan hanya membentuk kepengurusan dengan mengikuti AD ART yang sudah ditetapkan oleh pengurus pusat. 

Berdasarkan pantauan wartawan media ini, peserta Musyawarah Daerah (Musda) didominasi oleh jurutulis, dan beberapa kasi kaur dan pemangku juga hadir.

Dalam proses musda tersebut, setelah melalui penyampaian pandangan perwakilan kecamatan dan diskusi yang alot, akhirnya disepakati secara aklamasi Ali Tasko Saifulloh, S.H juru tulis Pekon Waypetai sebagai ketua.

Didampingi oleh Saiful Ahmad Juru tulis Pekon  Bumiagung Kecamatan Belalau sebagai sekretaris dan Joni Hafiz juru tulis Pekon Bumijaya Kecamatan Sukau sebagai bendahara.

Dalam musda tersebut juga, dibentuk pengurus bidang yang diisi oleh perwakilan pekon di 15 kecamatan yang ada.

Dalam sambutannya, Ketua terpilih Ali Tasko, menyampaikan bahwa PPDI ada untuk mendukung peratin dengan cara meningkatkan kualitas kerja, sehingga prioritas program kerja untuk Lima tahun kedepan adalah peningkatan kapasitas dan kualitas kerja perangkat pekon, dan kesejahteraan perangkat pekon dari mulai jurutulis, kasi, kaur dan pemangku. 

“PPDI adalah tempat belajar bersama perangkat pekon.  Yang sudah tahu mengajarkan yang belum tahu. Sehingga kapasitas perangkat pekon bisa merata, tupoksi dapat dijalankan dengan baik, dan peratin bisa sukses karena tim kerjanya bagus,” kata Ali.

Sementara itu sekretaris PPDI Lambar, Saiful menambahkan keberadaan PPDI ini bisa menjadi media untuk penyampaian aspirasi perangkat pekon terkait banyak hal.

Sehingga perangkat pekon punya saluran menyampaikan aspirasi dan dapat memberikan kontribusi pemikiran saran kepada pihak pengambil kebijakan, yang kebijakan tersebut nantinya akan dilaksanakan oleh perangkat desa sebagai pembantu peratin dalam menjalankan tugasnya memimpin pekon. 

Terkait dengan rencana tindak lanjut pasca musda, Ali Tasko menyampaikan bersama pengurus terpilih akan menghadap Bupati untuk melaporkan hasil musda.

Selain itu juga akan bersilaturahmi kepada pimpinan DPRD Lambar, yang merupakan bagian dari pembina organisasi PPDI.

Peratin Sukaraja Guswadi, selaku tuan rumah musda, menyampaikan selamat dan menyambut baik lahirnya PPDI Lambar, semoga kedepan  dapat berjalan sesuai harapan dalam bekerja menjalankan pengabdian di pekon masing-masing.

Turut hadir dalam musda tersebut Koordinator Tenaga Ahli P3MD Lampung Barat, Anton Hilman, S.Si yang memberikan pengantar menjelang musda PPDI terkait dengan kepemimpinan dan keorganisasi dan juga undang-undang desa. (rin/mlo)



Pos terkait