Upacara Peringatan HUT RI Ke-75, di Sejumlah Kecamatan Berlangsung Hikmat 

  • Whatsapp
Camat Airhitam Drs. Dahlin saat memimpin upacara HUT RI di halaman Kantor Kecamatan setempat

Medialampung.co.id – Meskipun pada HUT RI Ke-75, 2020. Dunia masih dihadapkan dengan situasi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) namun tidak memudarkan semangat masyarakat bangsa Indonesia memperingati hari paling bersejarah RI tersebut di semua penjuru.

Walaupun berlangsung dengan keterbatasan, khususnya jumlah peserta upacara yang diberikan pembatasan. Untuk menjaga penyebaran Covid-19, namun semua Kecamatan melangsungkan upacara peringatan dengan sukses. 

Bacaan Lainnya



Bahkan seperti Kecamatan Sumberjaya, upacara peringatan dilaksanakan di lapangan parkir tempat wisata rest area, hal tersebut membuktikan bahwa semangat yang tinggi masih tetap terjaga dalam kondisi apapun. Begitu juga Kecamatan Waytenong kegiatan dihelat di lapangan SMK Negeri 1 Waytenong.

Sementara di kecamatan lainnya seperti Kecamatan Airhitam, Sekincau, Gedungsurian, Kebuntebu dan Pagardewa meski tetap dilaksanakan di halaman kantor kecamatan, namun jumlah peserta upacara telah dipastikan sesuai ketentuan Protokol Kesehatan (Prokes).  

Camat Sumberjaya Agus supriatna melakukan potong tumpeng dalam peringatan HUT RI di puncak restarea

Cuaca cerah menjadi pendukung suksesnya upacara dan kegiatan tambahan lainnya di setiap kecamatan, dimana bertindak sebagai Inspektur upacara camat masing-masing. Dengan anggota upacara uspika, kepala dinas instansi, anggota DPRD Lambar masing-masing Daerah Pilih (Dapil), TNI, Dan Polri (Babinsa dan Babinkamtibmas),  perwakilan masing-masing sekolah serta para peratin dan lurah. Pengibar bendera berjumlah Tiga orang. 

Camat Sekincau Agus Setiawan saat meniup lilin peringatan HUT RI di Halaman kantor kecamatan setempat

Kecamatan Sekincau, usai upacara dilakukan pemotongan nasi tumpeng sekaligus tiup lilin oleh Camat Agus Setiawanm S.E, M.M., sebagai luapan rasa syukur dengan bertambahnya usia kemerdekaan NKRI. Sekaligus sarana silaturahmi antar para peserta upacara, di Kecamatan Pagardewa, meski ada acara lomba, seperti balap karung, namun pesertanya yakni para anggota upacara. 

Camat Pagardewa M. Yones bersama jajarannya mengadakan lomba balap karung

Sementara di Kecamatan Airhitam disampaikan Camat Drs. Dahlin, M.Pd., kegiatan peringatan berlangsung sederhana.

“Saya berharap peringatan HUT RI ke 75 ini, seluruh masyarakat mensyukuri kemerdekaan, dan mengisinya dengan hal-hal yang positif. Dalam kondisi yang masih covid-19 kita semua harus terus waspada dan melaksanakan Protokol kesehatan dalam kegiatan apapun dan dimanapun,” pungkasnya. (rin/mlo)



Pos terkait