Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 di Waykanan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat Kabupaten Waykanan diharapkan tetap melakoni dan memprioritaskan protokoler kesehatan dalam kehidupan sehari-hari di tengah kelonggaran-kelonggaran yang diberikan pemerintah setempat, sebagai bentuk dukungan Pemerintah untuk kehidupan sosial warganya.

Hal itu terbukti hari diketahui terdapat 11 orang masyarakat Waykanan yang dinyatakan reaktif Covid-19, mirisnya ke 11 orang tersebut semuanya warga Blambangan Umpu yang diketahui mobilisasinya melebihi kampung-kampung lain di Waykanan, 

Bacaan Lainnya

“Hari ini tersebar informasi secara masif di tengah masyarakat terdapat penambahan 11 orang reaktif Covid-19, dimana sebagai orang awam saya nyatakan bahwa reaktif Covid-19 itu artinya sudah 95 % positive Covid-19, oleh karena saya minta kepada seluruh masyarakat untuk introspeksi diri, kalau sudah dinyatakan reaktif hendaklah Anda semua mengisolasi diri, toh siapapun yang telah dinyatakan terpapar Covid-19 itu bukanlah aib melainkan harus segera kita bantu bersama sama bagaimana caranya agar orang itu segera sembuh dan tidak menularkan penyakitnya itu pada warga lain,” ujar Hasanudin, SE,MM, Lurah Blambangan Umpu.

Sayangnya terkait dengan informasi yang berkembang tersebut gugus tugas Waykanan belum juga memberikan keterangan resmi, yang pasti informasi tersebut benar benar telah membuat masyarakat ibukota ketar-ketir, apalagi saat ini suasana euforia kemenangan bagi tim sukses Para Kepala Kampung terpilih yang terus bergembira bersama pasca pelantikan Kepala Kampung terpilih pada Kamis (17/6) kemarin.

Terpisah, masyarakat kampung Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 dengan cara keliling kampung, dengan menggunakan pengeras suara, itu dilakukan agar masyarakat kampung semakin memahami bahaya Covid-19, dan tidak mengabaikan begitu saja prokes yang ditentukan oleh pemerintah. 

Hari ini memang Kampung Negeri Besar melakukan sosialisasi Bahaya Covid-19, dengan diiringi dengan penyuluhan sekaligus pembagian masker gratis, yang dipimpin langsung oleh Kepala Kampung M. Ronidi, didampingi oleh BPK, Satgas Desa/ Relawan Covid-19, RT RW Kampung Negeri Besar 

Lebih jauh Ronidi berharap agar masyarakatnya benar-benar menerapkan prokes guna Pencegahan virus Covid-19 yang menurutnya harus dibasmi secara bersama-sama mulai dari tataran masyarakat Kampung, untuk tertib dalam menerapkan protokol kesehatan, 3 pilar (Pemerintah Desa, Babinsa dan BKTM) bersama Tenaga Medis. 

Sementara itu, Kapolsek Way Tuba dan anggotanya hari ini melakukan pengamanan dan Binluh pada Vaksinasi Massal di Lapak Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Waykanan yang berlangsung di pos Vaksinasi UPT Puskesmas Way Tuba dengan sasaran petugas pelayanan publik (ASN/Guru Honorer SD/PAUD) Se-Kecamatan Way Tuba dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac Biofarma.

“Kehadiran kami disini untuk menciptakan kelancaran dan keamanan pada pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 secara massal kepada 60 pelayan publik yang sudah terdaftar. Sekaligus memberikan penyuluhan akan pentingnya mematuhi protokoler kesehatan,” tegas Kapolsek Way Tuba AKP Mahbub Junaidi mendampingi Kapolres Waykanan AKBP Binsar Manurung.(wk1/mlo)




Pos terkait