Upaya Sukseskan Program Smart Village

  • Whatsapp
Kepala Dinas Disdukcapil Provinsi Lampung Achmad Saefulloh

Medialampung.co.id – Program prioritas kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung untuk tahun 2021 mensukseskan visi misi Gubernur Lampung dengan program janji kerja, salah satunya Smart Village bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Disdukcapil Achmad Saefulloh mengatakan, program Smart Village bertujuan terwujudnya desa cerdas berbasis digital, masyarakat cerdas, keterampilan dan inklusi, lingkungan cerdas, ekonomi cerdas, inovasi produktivitas, dan kesetaraan akses.

Bacaan Lainnya


“Smart Village salah satunya data kependudukan di desa ini akurat akuntabel, valid sehingga program-program lainnya yang ada di smart village sepertinya pendataan UMKM desa, Pembayaran PBB bahkan pembayaran pajak kendaraan dengan kunci Nomor induk kependudukan (NIK),” ungkapnya saat dimintai keterangan melalui telepon, Minggu (22/2).

Lanjutnya, Dalam mensukseskan program tersebut Disdukcapil bersinergi dengan Dinas PMDT.

“Insya Allah 28 Februari Pilkades e-Voting Perdana di Lampung yang akan dilaksanakan di Podomoro Kabupaten Pringsewu,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan proses pemilihan tersebut menggunakan elektronik dengan tahapan masyarakat masuk ke bilik, kemudian tinggal mengklik calon kades yang mereka pilih.

“Jadi Penduduk sudah didata berdasarkan NIK. Kami sebagai penyedia data mengakuratkan data-data yang ada. Selaku Pembina mendorong kabupaten/kota agar segera bekerja sama dengan desa berkaitan dengan data kependudukannya,” tutupnya.

Saat dikonfirmasi melalui telepon dan pesan WhatsApp (WA) terkait akan dilaksanakan Pilkades e-Voting Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung Zaidirina tidak merespon ataupun membalas pesan WA . (ded/mlo)


Pos terkait