Update 1 Februari, 19 Warga Pesbar Jalani Isolasi Mandiri

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat hingga Senin (1/2), terdapat 19 orang warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan masih menjalani isolasi mandiri.

Sekretaris Dinkes Pesbar, Rochmad, mendampingi Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km., mengatakan dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19, terakhir terdapat penambahan delapan kasus baru.

Bacaan Lainnya

“Pekan lalu terjadi peningkatan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19, dimana dalam tiga hari terdapat penambahan hingga 20 orang terkonfirmasi, dari jumlah itu satu orang dinyatakan sehat dan 19 orang masih menjalani isolasi mandiri,” kata dia.

Dijelaskannya, penambahan delapan kasus baru Sabtu (30/1) kemarin merupakan hasil tracing pada sejumlah kasus terkonfirmasi positif yang terjadi sebelumnya di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat.

“Sejauh ini kita masih melakukan tracing ada sejumlah kasus positif Covid-19 baru yang terjadi di sejumlah kecamatan di kabupaten ini, sehingga penyebaran wabah ini bisa ditekan,” jelasnya.

Menurutnya, dalam penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Pesbar yang terjadi selama ini karena dibawa oleh warga yang terlebih dahulu dari luar daerah, kemudian terjadi penularan dilingkungan masyarakat.

“Dalam beberapa kasus penambahan Covid-19 di kabupaten ini merupakan pelaku perjalanan, seperti dari Bandar Lampung atau dari daerah lainnya di Provinsi Lampung, baru menular ke masyarakat lainnya,” terangnya.

Ditambahkannya, meski sering terjadi penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Pesbar, pihaknya berusaha menekan penyebaran dengan melakukan tracing dan minta warga melakukan isolasi mandiri.

“Sekarang jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesbar mencapai 130 kasus, dari jumlah itu 110 orang dinyatakan sehat, 19 orang menjalani isolasi mandiri dan satu orang meninggal dunia,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait