Update 28 Januari, Total Positif Covid di Pringsewu 227 Kasus

  • Whatsapp
Juru bicara gugus tugas Covid-19 kabupaten Pringsewu Dr. Hj. Nofli Yurni, M.Kes., didampingi Kadis Kominfo Samsir Kasim

Medialampung.co.id – Hingga kini tercatat jumlah total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pringsewu mencapai 277 orang. 

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Kabupaten Pringsewu Dr. Hj. Nofli Yurni, M.Kes., didampingi Kadis Kominfo Samsir Kasim mengatakan, dari jumlah tersebut 221 orang selesai menjalani isolasi.

Bacaan Lainnya

“Sebanyak 11 Orang meninggal dan suspect 17 orang,” jelasnya.

Terkait vaksinasi, menurutnya di Kabupaten Pringsewu akan siap melaksanakan Covid-19 tahap 1. Yakni tenaga Vaksinator Puskesmas yang telah mengikuti pelatihan.

Untuk diketahui Dinas kesehatan kabupaten Pringsewu telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk Vaksinasi Covid-19. Termasuk mempersiapkan sumber daya manusianya.

“Sebanyak 13 puskesmas di Kabupaten Pringsewu serta Rumah Sakit Umum Daerah dan 3 rumah Sakit Umum Swasta yang disiapkan untuk memberikan pelayanan Vaksin,” jelas Kabid P2A Dinas kesehatan Pringsewu dr. Hadi Muchtarom yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pringsewu dr. Ulinoha. 

Untuk mendukungnya juga telah disiapkan tenaga khusus yang telah mengikuti pelatihan. Lanjut dr Hadi sebanyak 70 orang masing-masing Puskesmas terdiri 5 orang (dokter, perawat, bidan) telah mengikuti pelatihan.

Kemudian tenaga di 4 rumah sakit yakni RSUD Pringsewu, Rumah Sakit Mitra Husada, Rumah Sakit Wisma Rini dan Rumah Sakit Surya Asih akan dilatih kembali.

Dalam penerapannya ternyata tak semua dapat divaksin. Melainkan ada kriteria tertentu, menurutnya untuk masyarakat yang bisa di vaksin yaitu umur 18 sampai 60 tahun.

“Dosis Vaksin Covid-19 ini ada 105 box dan satu box berisi 40. dimana untuk satu orang dilakukan satu kali suntik,” beber dr Hadi.(sag/mlo)


Pos terkait