UPT Disdukcapil Waytenong Ditarget Bisa Memberikan Layanan Penuh

  • Whatsapp
Kepala Disdukcapil Lambar Drs. Adi Utama

Medialampung.co.id – Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Barat, menargetkan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan Waytenong bisa memberikan pelayanan penuh, layaknya pelayanan yang diberikan oleh kantor Disdukcapil Lambar.

Kepala Disdukcapil setempat Drs. Adi Utama mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengurus izin untuk jaringan komunikasi data (Jarkodat) UPT tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sehingga nantinya setelah izin  Jarkodat diterima maka UPT tersebut bisa memberikan layanan penuh kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya



”Selama ini UPT tersebut hanya mampu memberikan pelayanan berupa perekaman e-KTP saja, namun kedepannya  kami kami targetkan bisa memberikan  pelayanan  semua administrasi kependudukan,  tidak hanya perekaman, namun juga melakukan pencetakan e-KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya seperti di kantor pusatnya,” ungkap Adi.

Keberadaan kantor UPT waytenong tersebut  sangat strategis, dan membawahi tujuh kecamatan seperti Waytenong, Airhitam, Sekincau, Pagardewa, Sumberjaya, Gedungsurian dan Airhitam sehingga nantinya masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan tidak perlu jauh-jauh ke kantor Disdukcapil Lambar.

”Kedepannya masyarakat di tujuh kecamatan tersebut bisa datang ke UPT Waytenong saja, tidak harus ke kantor Disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan, tentunya kebijakan ini adalah dalam upaya memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” kata dia.

Selain sedang mengurus Jarkodat, lanjut Adi Utama, pihaknya juga akan melakukan pembenahan sarana dan prasarana (Sarpras) di UPT tersebut, sehingga baik pegawai maupun masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan bisa merasa nyaman.

”Untuk lokasinya berada di sebelah kantor Kecamatan Waytenong, alat akan kita lengkapi dan juga akan dilakukan pemasangan teralis pada pintu dan jendela untuk pengamanan serta fasilitas lainnya,” bebernya.

Sementara itu, disinggung soal sumber daya manusia (SDM) di UPT tersebut, menurutnya saat ini sudah mencukupi, telah memiliki kepala UPT dan juga memberdayakan petugas Disdukcapil yang sebelumnya ditempatkan di kecamatan.

”Kedepannya akan melihat  kondisi, kalau misalkan mengharuskan penambahan, maka akan memberdayakan petugas Disdukcapil dari kecamatan terdekatnya,” tutupnya. (nop/mlo)



Pos terkait