UPT PRI Kenali Canangkan Program Jemputan Pemuda Gema Sehati

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  UPT Puskesmas Rawat Inap Kenali (PRI), Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat melakukan pencanangan program inovasi yaitu ”Jemputan Pemuda Gema Sehati” yang digelar di lapangan kecamatan setempat, Jum’at (21/2/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Belalau Sri Handayani, sejumlah unsur pimpinan kecamatan (Uspika), peratin, kepala sekolah, kader kesehatan serta sejumlah masyarakat pekon.

Bacaan Lainnya



Camat Belalau Sri Handayani, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pencanangan program inovasi oleh UPT PRI setempat.

Ia berharap program yang dicanangkan itu dapat mendukung penerapa pola hidup sehat ditengtah masyarakat.

“Program ini tentunya lebih mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif dengan melibatkan seluruh masyarakat dalam mengembangkan paradigma hidup sehat,” kata Sri.

Untuk itu, menginstruksikan kepada seluruh jajaran pemerintah kecamatan dan pekon agar dapat mensukseskan Germas secara aktif dengan menggandeng dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat serta lembaga sektor lainnya guna mempraktekkan pola hidup sehat.

“Pembangunan kesehatan pada dasarnya adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran kemampuan, dan kemauan setiap masyarakat agar dapat berperilaku hidup yang sehat.

Kita berharap program ini dapat berjalan optimal dan betul betul dapat terimplementasi di 10 pekon,” harapnya.

Sementara,  Kepala UPT PRI Kenali Romaita S.St.,menjelaskan pencanangan program inovasi ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan untuk mensosialisasikan bahwa puskesmas bukan hanya untuk orang sakit tetapi untuk konsultasi kesehatan supaya yang sehat tetap terjaga kesehatannya.

Sementara, program “Jemputan Pemuda Gema Sehati” memiliki arti yaitu jemput stunting, Persalinan, Imunisasi, Dahak dan Gerakan Jumat bersama Sehat dan Bersih. Sekaligus sosialisasi gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat.

“Setelah pencanangan ini, gerakan jumat bersih dan sehat akan dilaksanakan rutin setiap hari Jumat, selain itu akan dilaksanakan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular yang dilaksanakan pada setiap Jumat di minggu keempat yang dilaksanakan di Pekon Kenali,” terangnya.

Lebih lanjut dia mejelaskan bahwa gerakan Jumat bersih tidak hanya di laksanakan di kecamatan saja namun akan dilaksanaka oleh seluruh instansi, dan pekon dikecamatan setempat. “Jadi setiap hari Jum’at nanti setelah senam bersama ada kegiatan bersih-bersih lingkungan dengan melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait