Urus Sertifikat, Jangan Gunakan Jasa Calo

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau masyarakat Pesbar tidak menggunakan jasa calo dalam mengurus sertifikat kepemilikan tanah, balik nama sertifikat, pemecahan sertifikat atau administrasi lainnya yang berkaitan sertifikat.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pesbar, Seto Apriyadi, S.ST, M.H., melalui Kasi Pengukuran, Basroni, mengatakan Kantor Pertanahan Kabupaten setempat membuka peluang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengurus langsung mulai dari pembuatan atau permohonan hak atas sertifikat, pengecekan, balik nama, pemecahan sertifikat ataupun permohonan pelayanan lainnya yang ada di Kantor Pertanahan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Lebih baik warga mengurus langsung secara pribadi ke Kantor Pertanahan di Kabupaten Pesbar ini, jangan sampai menggunakan jasa calo,” katanya, Rabu (25/8).

Dijelaskannya, jika ada yang menawarkan jasa calo untuk mengurus sertifikat tanah di Kabupaten Pesbar ini tentu bukan dari Kantor Pertanahan, dan pihaknya juga tidak membenarkan hal tersebut.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar datang langsung ke Kantor Pertanahan Pesbar. Semua pelayanan dalam pengurusan sertifikat maupun lainnya terhadap masyarakat di Kantor Pertanahan hingga kini juga masih terus dimaksimalkan.

“Kami akan terus memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, termasuk menggulirkan beberapa program dalam mendukung pensertifikatan tanah itu,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak mengurus langsung ke Kantor Pertanahan di Kabupaten Pesbar dalam membuat sertifikat ataupun administrasi lainnya tersebut. 

Pihaknya juga berharap bagi masyarakat yang memang belum memahami dalam mengurus pembuatan sertifikat tanah, balik nama, pemecahan sertifikat ataupun lainnya itu juga bisa berkoordinasi langsung ke Kantor Pertanahan setempat.

“Sehingga masyarakat dapat lebih memahami prosedur, persyaratan lainnya dalam mengurus sertifikat tanah. Karena itu, kita mengingatkan agar masyarakat tidak menggunakan jasa calo,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait