Usai Daftar Online, Ratusan Calon Anggota Polri Diverifikasi

Medialampung.co.id – Pemeriksaan administrasi (Rikmin) awal seleksi penerimaan terpadu calon anggota Polri 2022 dilaksanakan Polres Lampung Tengah di aula Atmani Wedhana, Selasa (12/4). Ratusan pendaftar ikut serta dalam seleksi ini.

Kabag SDM Polres Lamteng Kompol Heri Sugito mengatakan bahwa panitia Bantuan Penerimaan (Pabanrim) di tingkat polres telah menerima berkas ratusan pendaftar. 

Bacaan Lainnya


“Ratusan pendaftar ini sebelumnya mendaftar online. Sekarang ini diverifikasi oleh panitia Rikmin yang melibatkan tim internal dan eksternal. Tim eksternal dari Disdukcapil dan Disdikbud. Tim internal dari Bag. SDM, Sie Propam, dan Siwas,” katanya.

Heri Sugito melanjutkan, seleksi penerimaan calon anggota Polri ini menerapkan prinsip Betah (bersih, transparan, akuntabel, dan humanis). “Hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka. Masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya,” tuturnya.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi awal di Polres Lamteng, kata Heri Sugito, para pendaftar akan mengikuti tahap seleksi berikutnya di tingkat Polda Lampung. 

“Pada 14 April 2022 pukul 09.00 WIB rencananya akan dilakukan penandatangan pakta integritas untuk menjamin seluruh tahapan seleksi penerimaan calon anggota Polri jauh dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme serta tidak dipungut biaya. Pabanrim menunjuk perwakilan peserta dan orang tua untuk mengikuti pelaksanaan pakta integritas di polres jajaran secara virtual melalui zoom meeting. Bagi peserta dan orang tua yang tidak mengikuti pakta integritas di polda maupun polres untuk dapat mengikuti pakta integritas secara virtual di rumah masing-masing melalui Youtube dengan Channel Casis Polri,” ujarnya.

Peserta yang mengikuti pakta integritas melalui Youtube, kata Heri Sugito, wajib melampirkan bukti dokumentasi dengan dicetak pada ukuran kertas A4 dan dilampirkan pada berkas Rikmin. 

“Para peserta menggunakan pakaian batik lengan panjang, celana dasar hitam, dan sepatu hitam,’’ katanya.

Diketahui calon Taruna Akpol yang sudah terverifikasi berjumlah 5 orang yang terdiri atas 3 laki-laki dan 2 wanita. Kemudian Bintara 271 orang (laki-laki 217 dan wanita 54); Bintara TI 15 orang; Bakomsus tenaga kesehatan 5 orang; dan Bintara Brimob 15 orang. (sya/mlo)


Pos terkait