Usai Ikut Tablig di Malaysia 2 WN Singapura Positif Corona, 80 Lainnya Dilacak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Otoritas Singapura mengakui ada 82 warganya yang ikut menghadiri acara tabligh di Selangor, Malaysia, yang diyakini menjadi lokasi penularan virus Corona. Dua orang di antaranya telah diperiksa dan dinyatakan positif virus Corona.

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (13/3), Menteri Urusan Muslim Singapura, Masagos Zulkifli, sejauh ini telah mengonfirmasi ada 82 warga Singapura yang hadir dalam acara tablig bernama Jhor Qudamak Malaysia 2020 yang digelar di Masjid Seri Petaling di Selangor, Malaysia, pada 27 Februari hingga 1 Maret.

Bacaan Lainnya



Jumlah tersebut masih bisa bertambah karena informasi baru masih mungkin muncul.

Otoritas Malaysia sebelumnya mengonfirmasi 10 ribu orang hadir dalam acara tablig itu, dengan 5 ribu orang di antaranya merupakan warga Malaysia dan sisanya berasal dari beberapa negara. Satu warga Malaysia dan satu warga Brunei Darussalam yang hadir dalam acara itu telah dinyatakan positif virus Corona.

Dalam pernyataan via Facebook, Masagos menyatakan Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) tengah berupaya mengidentifikasi dan melacak setiap warga Singapura yang hadir dalam acara tablig di Malaysia itu.

Kepada wartawan setempat, Masagos menyebut MOH sedang melakukan pelacakan kontak secara detail terhadap 82 warga Singapura yang hadir dalam acara itu. Ditambahkan Masagos bahwa mereka yang hadir tidak terafiliasi pada sebuah masjid atau kelompok tertentu.

Ditambahkan Masagos bahwa jika ada yang sakit dari 82 orang itu, maka akan dikirimkan ke Pusat Nasional Penyakit Menular (NCID).

Lebih lanjut dituturkan Masagos bahwa salah satu orang — dari 82 orang itu — jatuh sakit beberapa hari setelah pulang ke Singapura dan mulai berobat pada Senin (9/3) lalu. Tidak diketahui kapan orang itu pulang ke Singapura dari Malaysia.

Pihak NCID, sebut Masagos, lantas mengontak orang itu pada Rabu (11/3) waktu setempat dan melakukan pemeriksaan virus Corona terhadap. Pada Kamis (12/3) waktu setempat, dia dinyatakan positif virus Corona.

Satu orang lainnya, dari kelompok yang sama, juga telah dinyatakan positif virus Corona. Namun Masagos tidak mengungkapkan informasi detail soal orang kedua ini.

Sejauh ini, otoritas Singapura telah mengonfirmasi 187 kasus virus Corona di wilayahnya. (detik/mlo)



Pos terkait