Usai Monitoring Penyaluran BLT-DD Tahap III, Ronggur Tinjau Realisasi Fisik Dana Desa 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Tanjungraya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat kembali menyalurkan bantuan langsung tunai bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) tahap ke III yang di langsungkan di balai pekon setempat, Rabu (22/7).

Kali ini, kegiatan tersebut dihadiri kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Ronggur L Tobing, S.Ip, M.Si, Camat Sukau Hadi Susanto, S.Kom , M.Si, Peratin Tanjungraya Budioyono serta unsur Babinsa dan bhabinkamtibmas. 

Bacaan Lainnya



Pada kesempatan itu, Ronggur kembali mengingatkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) agar bantuan tunai itu dapat dipergunakan untuk kebutuhan pangan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. 

“Selain itu, meskipun saat ini telah memasuki masa New Normal, masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Tiga hal ini untuk dilakukan dalam semua aktivitas, baik dirumah, maupun diluar rumah,” jelasnya. 

Terkait penyaluran BLT-DD gelombang kedua, atau untuk periode Juli, Agustus dan September pihaknya meminta agar pemerintah pekon melaksanakan musyawarah desa khusus (musdessus) dalam rangka evaluasi calon penerima manfaat.

“Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa musyawarah dalam rangka evaluasi ini untuk melihat apakah keluarga penerima manfaat masih dikatakan layak atau tidak, jadi tidak jadi patokan bahwa penerima sebelumnya akan mendapat BLT-DD selanjutnya,” imbuhnya.

Selanjutnya, usai menghadiri penyaluran BLT–DD tersebut, Ronggur melakukan peninjauan realisasi program pembangunan bersumber dana desa pekon Tanjungraya, mulai dari pembangunan pagar Tempat Pemakaman Umum (TPU) jalan rabat rabat beton di Talang VIII, jalan usaha tani termasuk penanganan longsor di wilayah setempat.

Sementara, Peratin Tanjungraya Budiyono menambahkan bahwa dalam penyaluran BLT-DD khususnya wilayah setempat telah memasuki tahap III yaitu periode Juni dengan total penerima sebanyak 198 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

“BLT-DD kita serahkan secara terpusat di balai pekon. Total ada sebanyak 198 KPM dengan total alokasi sebesar Rp118.800.000, dimana para penerimanya telah melalui mekanisme yaitu pendataan, validasi dan finalisasi data sehingga berhak menerima bantuan,” terangnya

Terkait dengan berlanjutnya program BLT-DD, pihaknya memastikan akan menyalurkan bantuan serupa dengan anggaran DD dalam kurun tiga bulan kedepan. Yakni, Juli, Agustus dan September untuk masing-masing KPM akan menerima bantuan tunai sebesar Rp300 ribu/bulan.(edi/mlo)



Pos terkait