Usir Masuk Angin di Musim Hujan, Coba Resep Ampuh Wedang Jahe Sereh Lemon

  • Whatsapp
Wedang Jahe Lemon. (Foto: Instagram/@yulyanparwati)

Medialampung.co.id – Cuaca dingin di saat hujan kadang bikin tubuh jadi mudah masuk angin. Yuk, seruput minuman hangat buatan sendiri.

Di saat hujan seperti ini, suhu pun jadi lebih dingin. Nah, banyak di antara kita sering merasa kedinginan. Padahal bila tubuh kedinginan akan mudah terkena gangguan kesehatan mulai dari masuk angin, flu hingga demam.

Bacaan Lainnya



Yuk, hangatkan tubuh dengan membuat sendiri ramuan wedang atau minuman hangat yang terdiri dari berbagai bahan berkhasiat yaitu: jahe, sereh, dan lemon. Jahe mengandung banyak manfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan, menghilangkan mual, dan juga mengandung antioksidan tinggi.

Sereh baik untuk pencernaan, mencegah tekanan darah tinggi, menyembuhkan flu dan pilek serta kaya antioksidan. Lemon mengandung sifat anti bakteri, meningkatkan produksi sel darah putih dan mengatasi terjadinya gangguan pencernaan. Nah, begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapat bila meramu bahan-bahan tersebut jadi wedang jahe sereh lemon yang enak sekaligus bisa hangatkan tubuh di saat hujan seperti sekarang.

Kami sudah mencoba resep ini sendiri di rumah. Jadi, dijamin rasanya enak dan bikin hangat tubuh, sehingga bisa usir masuk angin di musim hujan. Ini resep wedang jahe sereh lemon ampuh usir masuk angin:

2 gelas air

3 ruas jari jahe

1 batang sereh

4 sendok makan perasan lemon

50 gr gula merah (atau sesuai selera)

Cara masak:

  1. Bersihkan jahe, buang kulitnya, cuci bersih, iris tipis, sisihkan
  2. Ambil sereh, keprek bagian batang hingga bau harum tercium
  3. Ambil 1 buah lemon, cuci bersih, iris tipis, peras airnya, sisihkan
  4. Taruh 2 gelas air di dalam panci, rebus hingga mendidih.
  5. Masukkan potongan jahe, sereh, dan tambahkan gula merah sesuai selera. Rebus selama 5 menit
  6. Tuang ke cangkir, tambahkan perasan lemon. Beri potongan lemon dan sereh sebagai hiasan.
  7. Siap diseruput!



Pos terkait