Vaksin Covid-19 Tiba di Lampung, Siap Didistribusikan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. dr. hj Reihana, M.Kes.

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung telah menerima Vaksin Covid19 sebanyak 40.250 dosis yang di simpan di instalasi farmasi gudang Dinkes Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr.  dr. hj Reihana, M.Kes., mengatakan vaksin tersebut telah tiba di Lampung  dengan pengawalan cukup ketat.

Bacaan Lainnya

“Semalam pukul 22.27 WIB Vaksin sudah sampai di provinsi Lampung yang dikawal cukup ketat. Untuk yang jumlahnya menurut data ada 40.250 vaksin yang tiba di Lampung,” jelas Reihana saat di wawancara media di Gedung DPRD Pemprov Lampung, Senin (4/1).

Reihana mengungkapkan untuk penghitungan vaksin tidak bisa melalui digital, dan dilakukan secara manual.

“Pada waktu penerimaan ternyata secara digitalnya error, jadi kita harus menghitung secara manual, jadi dari semalam sampai sekarang petugas masih menghitung,” Ucapnya.

Reihana mengaku untuk pendistribusian, ada pesan bahwa vaksin tidak boleh dibuka terlebih dahulu atau digunakan sebelum ada emergency us dari Balai POM.

“Jadi kita harus menunggu ada eua dari balai pom baru kita diizinkan untuk membuka  vaksin tersebut, dan Prioritas penggunaannya adalah tahap pertama dilaksanakan kepada tenaga kesehatan  yang merupakan garda terdepan,” tambahnya.

Menurutnya, Saat ini vaksin di simpan di instalasi farmasi yaitu dikurung, karena harus menjaga suhunya 2-8º Celcius, yaitu di gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung.

Lebih lanjut, ia menjelaskan vaksin tersebut akan dibagikan terutama orang yang sehat karena untuk mencegah tambahnya korban Covid-19.

“Yang di suntik vaksin adalah untuk orang yang sehat, tujuannya untuk pencegahan agar tidak terjangkit virus Covid-19,” tutupnya. (ded/mlo)


Pos terkait