Vaksinasi Covid-19, Dinkes Lambar Data ‘Cold Chain’ di 15 Puskesmas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coroavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes)  setempat telah melakukan pendataan kesiapan cold chain (rantai dingin) vaksin Covid-19 yang ada di seluruh Puskesmas yang ada di kabupaten setempat.

Pendataan ini  sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan dengan tahap pertama yang akan mendapatkan vaksin dari kalangan tenaga kesehatan (Nakes) secara umum.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lambar Paijo, SKM, M.Kes., didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Dinkes Setempat Ira Permata Sari, S.Farm.Apt., mengungkapkan, cold chain terdiri atas lemari es dan freezer untuk menyimpan vaksin, dan termos (vaksin carrier) untuk membawa vaksin ke tempat pelayanan imunisasi, terutama untuk kegiatan di luar gedung/lapangan.

”Penyimpanan vaksin membutuhkan suatu perhatian khusus karena vaksin merupakan sediaan biologis yang rentan terhadap perubahan temperatur lingkungan sehingga harus disimpan pada suhu tertentu, karenanya kami lakukan pendataan di seluruh puskesmas sekaligus memastikan kesiapan,” kata dia.

Selain itu, kata Paijo, pihaknya juga  telah berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Lampung terkait dengan pelaksanaan Vaksinasi, dan  itu akan dilakukan setelah diadakannya pertemuan yang kemungkinan diikuti seluruh daerah  yang akan digelar oleh Dinkes Provinsi Lampung.

”Sejauh ini info yang kami terima untuk vaksinasi tahap pertama itu Nakes secara umum, tetapi kami sudah mendata warga yang berusia 18-59 tahun secara keseluruhan, dan  untuk alokasi vaksin prioritas Nakes belum kami dapat. Kemungkinan pas pertemuan itu nanti, karena bentuk vaksin-nya apakah single dose atau multiple dose kami juga belum terima info-nya,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak 40.520 vaksin Covid-19, Sinovac dari PT Biofarma telah tiba di Lampung dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. Ribuan vaksin tahap pertama ini tiba di UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alkes Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung, Bandar Lampung pada Senin (4/1) sekitar pukul 1.30 WIB dini hari. (nop/mlo)


Pos terkait