Vaksinasi Keliling di Daerah Terpencil, Lalui Medan Licin dan Terjal

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih terus dimaksimalkan untuk seluruh masyarakat di Negeri Para Saibatin dan Ulama tersebut. Hal itu dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk peningkatan herd immunity (kekebalan kelompok) sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Seperti yang dilaksanakan petugas vaksinator Polsek Bengkunat yang bekerjasama Puskesmas Bengkunat Belimbing, kembali melakukan vaksinasi keliling atau jemput bola di wilayah terpencil yang dipusatkan di SDN 28 Krui, Pekon Pagar Bukit, Kamis (4/11).

Bacaan Lainnya

Kapolsek Bengkunat AKP. Hi. Suhairi, mendampingi Kapolres Lampung Barat (Lambar) AKBP Hadi Saepul Rahman, S.Ik., mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat hingga kini masih terus dilaksanakan. Seperti yang dilaksanakan dengan mendatangi langsung masyarakat yang ada di wilayah terpencil yakni di SDN 28 Krui Pekon Pagar Bukit.

“Untuk mengunjungi wilayah itu tidak bisa menggunakan mobil, sehingga harus menggunakan sepeda motor untuk bisa sampai ke lokasi, itu pun petugas masih cukup kesulitan, karena kondisi jalan licin dan terjal,” katanya.

Dijelaskannya, para personel membawa peralatan vaksinasi Covid-19 itu menggunakan motor trail. Karena wilayah itu termasuk terisolir, sebab untuk menuju ke lokasi tersebut hanya bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan sepeda motor atau berjalan kaki. Terlebih, dengan kondisi musim hujan saat ini menjadi salah satu kendala untuk sampai ke wilayah terpencil itu.

“Meski begitu petugas vaksinator tetap berupaya agar semua masyarakat yang telah menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 itu bisa di vaksin,” jelasnya.

Sementara itu, masih kata Suhairi, selama dalam perjalan menuju lokasi terpencil di SDN 28 Krui dengan kondisi jalan yang masih tanah itu, para petugas yang membawa peralatan vaksinasi beberapa kali harus turun untuk mendorong sepeda motornya, karena kondisi jalan memang cukup licin dan terjal. Semua yang dilaksanakan oleh jajaran Polsek Bengkunat maupun petugas kesehatan dari Puskesmas Bengkunat Belimbing, serta pihak terkait lainnya itu tidak lain untuk kesehatan masyarakat.

“Artinya, walaupun masyarakat berada di wilayah terpencil dan jauh dari layanan fasilitas kesehatan, tetap harus mendapat pelayanan vaksinasi Covid-19, sehingga semua kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang belum vaksinasi agar segera melakukan vaksinasi,” katanya.

Sedangkan, dalam pelayanan vaksinasi di daerah terpencil yang ada di Pekon Pagar Bukit tersebut dengan capaian vaksinasi sebanyak 195 orang, baik untuk vaksinasi dosis satu (Sinovac dan Astrazeneca) maupun vaksinasi dosis dua (Sinovac).(yan/d1n/mlo)

Pos terkait