Vaksinasi Rabies di Lambar Lampaui Target 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kegiatan vaksinasi massal hewal penular rabies (HPR) yang dilaksanakan Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) hingga September ternyata melebihi target. Dimana target jumlah HPR yang divaksin rabies tahun ini adalah 1.200 ekor  namun telah mencapai 1.644 ekor.

“Target kita pada tahun 2020 ini jumlah hewan di Kabupaten Lampung Barat yang divaksin sebanyak 1.200 ekor namun sampai akhir September telah melampaui target yaitu mencapai 1.644 ekor. Hal ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat Lambar untuk memvaksin hewan peliharaannya cukup tinggi,” kata Kabid Peternakan Alma Arif, S.I.P mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Kamis (1/10)

Bacaan Lainnya



Kata dia, dua pekan terakhir ini, petugas didampingi  kader vaksinator setempat melakukan vaksinasi gratis terhadap HPR di Kecamatan Kebuntebu dan Kecamatan Batubrak. Kegiatan tersebut ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari bulan bakti rabies sedunia.

Selain melaksanakan  penyuntikan vaksin anti rabies, lanjut Alma Arif, pihaknya juga melakukan pengobatan hewan yang ditemukan mengalami sakit baik kambing, kucing, anjing dan lain lain secara menyeluruh.

“Hal ini juga dilaksanakan mengingat pada saat ini masyarakat kita di Lampung Barat mulai merasakan dampak krisis ekonomi yg diakibatkan dari adanya virus Covid-19 ini. Semoga kegiatan vaksinasi terhadap HPR dan pengobatan hewan ini dapat membantu dan meringankan beban masyarakat,” ujar dia.

Menurut dia, vaksin yang bisa bertahan dan bekerja selama satu tahun itu sangat penting. Sebab jika tidak dilakukan maka dikhawatirkan hewan tersebut akan mudah  terjangkit rabies.

“Kita menghimbau kepada masyarakat yang memelihara HPR untuk segera melakukan vaksinasi. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas dia.(lus/mlo)



Pos terkait