Vicky : Pungutan Liar Harus Diberantas!

  • Whatsapp
Foto Yayan - Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Pesisir Barat, menggelar rapat koordinasi program kerja, yang dipusatkan di gedung Dharmawanita Setdakab Pesbar, Rabu (21/8).

Medialampung.co.id – Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menggelar rapat koordinasi program kerja sekaligus evaluasi Satgas Saber Pungli Pesbar, yang dipusatkan di gedung Dharmawanita Setdakab Pesbar, Rabu (21/8).

Rapat Saber Pungli itu dipimpin langsung oleh Wakapolres Lampung Barat (Lambar), Kompol Vicky Dzulkarnaen, yang juga sebagai ketua Saber Pungli Kabupaten Pesbar, hadir juga dalam kesempatan itu, wakil ketua Satgas Saber Pungli, Edy Mukhtar, S.P., yang juga selaku Inspektur Kabupaten Pesbar dan Plh. Sekkab Pesbar serta di ikuti seluruh anggota Satgas Saber Pungli.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Kompol Vicky Dzulkarnaen, mengatakan rapat koordinasi itu membahas program yang akan dilaksanakan kedepan. Dengan adanya Satgas Saber Pungli di Pesbar diharapkan selalu ada penyadaran bagi kalangan pemerintahan dan bagi masyarakat.

“Sehingga pemerintah dan masyarakat semakin memahami bahwa untuk membangun negara, khususnya di Pesbar ini salah satunya dengan memberantas pungutan liar,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan pembangunan untuk kemajuan daerah dapat berjalan dengan baik, sehingga pemahaman masyarakat harus lebih ditingkatkan. Dirinya juga berharap sebagai ketua Satgas Saber Pungli di Pesbar ada kerjasama dari semua pihak untuk bersama-sama mengawasi seluruh pelaksanaan yang ada di pemerintahan dan pihak terkait lainnya.

“Jika menemukan ada indikasi pungli dalam pelayanan masyarakat misalnya, seger laporkan ke Satgas Pungli untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Namun, masih kata Vicky, yang lebih penting yakni ada pencegahan secara prefentif. Untuk itu peran penting semua pihak termasuk Pers sendiri sangat penting dalam upaya mengantisipasi terjadinya pungli terutama dalam pelayanan masyarakat. Satgas Saber Pungli di daerah dalam hal ini Pesbar juga masih rutin berkordinasi dan melaporkan program Satgas Saber Pungli ke Provinsi dan Pusat.

“Dalam Satgas Saber Pugli juga memiliki beberapa kelompok kerja (Pokja) yakni pokja pencegahan, penindakan, intelejen dan pokja yustisi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Lampung Barat, Wan Susilo, S.H., mengatakan ditahun 2019, Satgas Saber Pungli ingin meningkatkan sinergitas dan terus berusaha melakukan berbagai upaya-upaya pencegahan, sehingga di Kabupaten Pesbar tidak terjadi pungli. Karena itu, dirinya berharap agar Satgas Saber Pungli yang ada jangan sampai tidak diangggap karena diwilayah kerjanya tidak ada penindakan.

“Tahun 2018 lalu Satgas Saber Pungli Kabupaten Pesbar ini pernah melakukan penindakan sebanyak tiga penindakan kasus pungutan liar yang dilakukan oleh masyarakat umum, mudah-mudahan kedepan tidak terjadi lagi,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait