Wabup Apresiasi Gelaran Pentas Seni GSMS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Hi. Mad Hasnurin membuka pentas seni gerakan seniman masuk sekolah (GSMS) yang dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balikbukit, Selasa (26/11).

“Keberadaan GSMS tidak hanya mengembangkan seni budaya saja tetapi berguna untuk membangun karakter budi pekerti melalui seni budaya, juga untuk melestarikan seni Lampung Barat yang barangkali tidak dikenal oleh masyarakat, sehingga melalui pementasan oleh anak-anak ini dapat dikenal masyarakat luas,” ujar Mad Hasnurin.

Bacaan Lainnya



Kegiatan ini, lanjut Mad Hasnurin, diharapkan mampu menggerakkan masyarakat dengan terselenggaranya GSMS ini, juga sebagai upaya mengantisipasi seni bidaya yang ada. Serta diharapkan di dalam ekstrakulikuler disekolah yang didalamnya terselip GSMS, para siswa maupun warga sekolah dapat menyerap langsung pengetahuan dari seniman, antara pihak seniman dan pihak sekolah bersinergi melaksanakan pelatihan seni budaya.

“Kami sangat mengapresiasi pentas seni gerakan seniman masuk sekolah Kabupaten Lampung Barat yang kaya akan seni budaya yang semakin lama semakin luntur ini dengan adanya budaya asing oleh karena itu budaya asli Lambar harus terus kita lestarikan,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd.,MM memgatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 21 sekolah, lebih dari 450 siswa, 21 seniman dan 21 asisten seniman.  “Melalui kegiatan ini diharapkan akan tumbuh kesadaran dengan semangat generasi muda untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan luhur asal Bumi Sekala Bekhak baik dari manuskrip, sastra lisan, bahasa, keseniam dan adat istiadatnya sehingga dapat terwujuda Lambar sebagai kabupaten berbudaya dan memiliki kepribadian dalam kebudayaannya,” ungkap Bulki.

Sekadar diketahui, tahun ini ada 21 sekolah yang mendapatkan program GSMS dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini, yakni SMPN 4 Liwa SDN Pagardewa, SDN 1 Hanakau Kecamatan Sukau, SDN 3 Liwa, SMPN Sekuting Terpadu Kecamatan Balikbukit. Di Kecamatan Batubrak SDN 1 Kotabesi. Kecamatan Belalau SDN 2 Kenali, dan di Kecamatan Batuketulis SDN 1 Batukebayan, serta Kecamatan Sekincau SDN 1 Sekincau.

Kemudian, di Kecamatan Pagardewa SDN Pahayujaya. Di Kecamatan Way Tenong SMPN 1 Way Tenong, SDN Sukaraja, Kecamatan Sumberjaya SDN 1 Sukapura, SMPN 1 Sumberjaya. Di Kecamatan Kebuntebu SDN Muara Jaya 2, SMPN 1 Kebun Tebu, Kecamatan Airhitam SDN 1 Sumberalam. Di Kecamatan Bandar Negeri Suoh SDN Tri Mekarjaya. Di Kecamatan Suoh SDN Sumberagung. Lalu Kecamatan Lombok Seminung SMPN Lombok Seminung, Kecamatan Gedung Surian SMPN 1 Gedung Surian.

Sekolah tersebut mendapatkan program yang sama, hanya bidang seni GSMS yang beda-beda, ada yang seni tari, seni musik tradisi, teater, sastra , fotografi dan film.(lus.mlo)



Pos terkait