Wabup Mad Hasnurin Buka Malaman Pitu Likukh

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Hi. Mad Hasnurin, Selasa Malam (19/5). membuka acara Malaman Pitu Likukh sebagai salah satu tradisi yang digelar masyarakat di Kecamatan Batubrak, Belalau, dan Batuketulis.

Acara yang di buka di halaman lamban Gedung Kepaksian Pernong itu berlangsung meriah dengan iringan pembakaran susunan batok kelapa dan obor yang tertata di halaman rumah warga.

Bacaan Lainnya



Wabup Mad Hasnurin mengatakan bahwa perayaan Malam Pitu Likuhk yang dilaksanakan untuk menyambut malam 27 Ramadhan itu merupakan salah satu kegiatan pelestarian budaya sebagai wujud rasa syukur dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

“Ini sebagai salah satu tradisi yang harus terus kita lestarikan, karena sebagai ungkapan rasa syukur karena kita dapat beribadah di bulan suci Ramadhan ini dalam keadaan sehat dan mudah-mudahan bisa melaksanakan shalat idul fitri sebagai hari kemenangan,”ungkapnya.

Sementara, Camat Batubrak Sri Wiyatmi S.T, M.P.,menambahkan bahwa, Malaman Pitu Likukh merupakan sebuah tradisi yang harus terus dilestarikan, sebagai bentuk sukacita dalam menyambut hari kemenangan.

“Kegiatan ini hanya simbol untuk kemenangan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa, dan semua kalangan ikut serta mulai dari anak-anak, muda-mudi hingga orang tua,” kata dia.

Seperti diketahui, dalam proses pembakaran batok kelapa ini sendiri biasanya, masyarakat mulai mempersiapkan batok kelapa dengan jumlah yang cukup banyak.

Selanjutnya, disusun rapi dengan cara menusuk bagian tengah batok yang telah di lubangi dengan kayu kemudian ditancapkan di atas tanah tepat di halaman rumah dengan tinggi mencapai satu meter, selanjutnya usai pelaksanaan shalat Isya tumpukan batok kelapa yang telah disusun tersebut akan dibakar secara serentak.(edi/mlo)



Pos terkait