Wabup Pesbar Tinjau Ruas Jalan Way Haru

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Wakil Bupati (Wabup) Pesisir Barat (Pesbar) A. Zulqoini Syarif, S.H., meninjau ruas jalan utama ke Pekon Way Haru yang menghubungkan Pekon

Bandar Dalam, Way Tiyas, dan Siring Gading yang menjadi wilayah terpencil di Kecamatan Bangkunat, Rabu (4/8) kemarin

Bacaan Lainnya

Peninjauan itu dilakukan karena ada laporan masyarakat di Pekon Way Haru dan sekitarnya kini kembali terhambat dan berdampak pada perekonomian masyarakat dan dampak lainnya. Pasalnya, ruas jalan utama menuju empat Pekon itu kini kondisinya kian parah, terlebih, sejak beberapa hari terakhir curah hujan di daerah itu cukup tinggi.

Wabup Pesbar, A.Zulqoini Syarif, mengaku, kondisi jalan poros itu kini cukup parah untuk dilalui kendaraan terutama kendaraan bermotor, selain faktor musim penghujan, di wilayah perairan Bangkunat itu juga masih memasuki musim gelombang tinggi. Sehingga sangat menjadi kendala bagi masyarakat yang hendak menuju maupun yang akan keluar Pekon setempat.

“Karena itu Pemkab Pesbar akan terus berupaya agar kedepan dalam rencana penanganan ruas jalan penghubung di wilayah ini tidak ada kendala,” katanya.

Dijelaskannya, kondisi jalan yang cukup parah itu salah satunya titik ruas jalan di wilayah Ujung Krokos sampai wilayah Way Penipahan yang masuk dalam kawasan hutan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Ketika terjadi hujan deras seperti yang terjadi sejak beberapa hari terakhir di lokasi itu cukup sulit dilalui. Sedangkan, jika melalui pinggir laut dengan kondisi gelombang laut yang masih tinggi seperti sekarang, sangat beresiko tinggi.

“Jadi, disalah satu titik ruas jalan itu sangat dibutuhkan jembatan penghubung,” jelasnya.

Saibatin Marga Belimbing itu juga mengatakan bahwa mengenai rencana pembangunan jalan maupun jembatan menuju wilayah empat Pekon itu, sudah sering diajukan. Karena wilayah ini melintasi kawasan hutan TNBBS sehingga harus ada kerjasama dengan pihak TNBBS. 

Untuk itu, Pemkab Pesbar kini masih menunggu dari Pemerintah Pusat untuk tindak lanjutnya. Dari hasil peninjauan ini, pihaknya juga akan kembali menyampaikan ke Pusat bahwa kondisi ruas jalan penghubung menuju empat Pekon terpencil itu sudah sangat parah.

“Jadi kita berharap ada tindak lanjutnya dari Pusat, hingga Pemkab Pesbar juga bisa segera melakukan penanganan ruas jalan yang melintasi kawasan TNBBS itu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait