Waduh, Ada Macan Dahan Nyasar ke Pemukiman

  • Whatsapp
Macan Dahan

Medialampung.co.id – Warga Desa Rajanasalama Induk Kecamatan Labuhanratu Lampung Timur geger. Itu menyusul masuknya hewan liar dari Taman Nasional Way Kambas jenis macan dahan (novelis diardi) ke pemukiman penduduk Dusun Batin Setia Desa Rajabasalama.

Warga setempat menyebutkan hewan yang dilindungi tersebut kali pertama terlihat masuk kampung, Rabu (10/6). Bahkan, hewan jenis kucing hutan itu sempat masuk ke rumah warga.

Bacaan Lainnya



Hewan berukuran tinggi sekitar 0,5 meter dengan panjang 85 cm dan berat 10 kg itu akhirnya terjebak di bawah kandang ayam milik warga, Tukino (34) warga Dusun Batin Setia Desa Rajabasa Lama, Kamis (11/6).

Mengetahui hal itu warga kemudian melaporkannya ke Balai Taman Nasional Way Kambas dan Polsek Labuhanratu.

Atas laporan tersebut petugas Balai TNWK dan Polsek Labuhanratu langsung ke lokasi dan memasang jaring tambang di kandang ayam. Itu agar hewan liar tersebut tidak menyerang warga.

Petugas kemudian berusaha mengevakuasi hewan liar itu. Pukul 12.15 WIB, hewan liar itu akhirnya berhasil dievakuasi menggunakan kotak kayu. 

Humas Balai TNWK Sukatmoko menjelaskan, populasi macan dahan di kawasan TNWK masih cukup banyak. Menurutnya, macan dahan itu bukan harimau tapi jenis kucing hutan.

Diduga hewan liar itu tersesat masuk pemukiman penduduk yang berbatasan dengan TNWK.

“Jenis kelamin hewan liar itu belum kami cek,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk sementara hewan liar itu akan kami evakuasi dan karantina di Suaka Rhino Sumatera (SRS) TNWK.

“Hewan liar itu selanjutnya akan kembalikan ke habitatnya,” terang Sukatmoko mewakili Kepala Balai TNWK Subakir. (wid/mlo)



Pos terkait