Wagub Nunik Buka Pasar Murah Bersubsidi di TubaBa

Medialampung.co.id – Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, S.H, M.Si, M.Kn, Ph.D., (Nunik) membuka Kegiatan Pasar Murah Bersubsidi di Halaman Pasar Tradisional Modern Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (TubaBa), Selasa (26/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Kasat Pol PP Provinsi Lampung, Kepala OPD dan Forkopimda Kabupaten Tulangbawang Barat, Ketua PPN Telur Lampung, Pimpinan PT. Domus Jaya, Pimpinan CV. MFA, PT. Aman Jaya Perdana, Bulog

Bacaan Lainnya


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Lampung Elvira Umihanni mengatakan, kegiatan Pasar Murah Bersubsidi ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindag bekerjasama dengan Pemkab Tulangbawang Barat.

Tujuan pelaksanaan dalam rangka stabilisasi harga dan menjamin ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat terutama menjelang HKBN dengan harga yang terjangkau, terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhannya baik jelang HKBN maupun untuk kebutuhan sehari-hari.

Mekanisme pelaksanaan pasar murah Koordinasi dengan para Camat yang didistribusi ke empat Kecamatan, yaitu Kecamatan Tulangbawang Tengah sebanyak 400 paket, Kecamatan Tulangbawang Udik sebanyak 400 paket, Kecamatan Tumijajar sebanyak 400 paket, Kecamatan Pagar Dewa sebanyak 300 paket.

Sebanyak 1.500 paket sembako yang terdiri dari bawang putih 1 kg, terigu 2 kg, minyak goreng 900ml, dan telur ayam 1 kg disediakan dalam pasar murah ini. Masyarakat cukup membayar Rp.70.000 per Paket Sembako, lebih murah dari Harga Pasar sebesar Rp.111.500 per paketnya.

Terkait minyak goreng, disediakan Minyak Goreng curah melalui PT Aman Jaya Perdana sebanyak 3000 Liter yang dijual ke masyarakat di pasar murah bersubsidi ini seharga Rp. 14 ribu  per Liter. (sesuai dengan HET yang ditetapkan Pemerintah)

Bupati TubaBa Umar Ahmad mengucapkan terimakasih kepada Wakil Gubernur Lampung karena telah memilih Tulangbawang Barat sebagai salah satu yang diupayakan ketersediaan bahan pangan ini. Terimakasih juga kepada Pemprov telah mensubsidi harga bahan pangan yang dilaksanakan pada pasar murah hari ini.

“Sungguh ini membantu masyarakat Tulang Bawang Barat dalam rangka menjaga ketersediaan sekaligus stabilitas harga bahan pokok. Ini merupakan salah satu wujud kehadiran pemerintah bagi setiap permasalahan yang ada di masyarakat,” ungkap Bupati Tubaba.

Wakil Gubernur Chusnunia Chalim mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan  program yang sangat diperhatikan oleh gubernur. Kegiatan ini merupakan bagian dari usaha kita untuk pulih dan bangkit dari keterpurukan ekonomi setelah selama 2 tahun dilanda pandemi Covid.

“Kita berharap tahun 2022, Covid bisa tertangani dengan baik, booster bisa mencapai target, mudik juga berjalan dengan baik tahun 2022 dan seterusnya adalah tahun-tahun kita bangkit,” kata Wagub.

Kegiatan pasar murah bersubsidi ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi Lampung yang turut memikirkan keresahan masyarakat dimana harga-harga yang terus merangkak naik, di tiap kali menjelang hari raya.

“Syukur ini harganya relatif murah, terimakasih kepada Disperindag, pihak produsen, dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Selamat berpasar murah,” ujar Wagub Chusnunia.

Pada acara tersebut dilakukan penyerahan paket sembako secara simbolis kepada warga dan perwakilan Camat. Di akhir kegiatan, Wagub berkeliling meninjau pasar dan bercengkerama dengan para pedagang di pasar.(*/mlo)


Pos terkait