Wakapolda Lampung Apresiasi Kampung Tangguh Pinang Jaya

  • Whatsapp
Walikota Bandarlampung Herman HN bersama Wakapolda Lampung Brigjen Sudarsono dan rombongan saat tinjau Kampung Tangguh Pinang Jaya, Senin (3/8)

Medialampung.co.id – Kota Bandarlampung kini memiliki Kampung Tangguh, Kampung tersebut adalah Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, yang telah di launching, pada Senin (3/8) oleh Wakapolda Lampung Brigjen Sudarsono didampingi Wali Kota Bandarlampung Herman HN.

Diungkapkan Lurah Pinang Jaya Ujang S. Birawa, berdirinya Kampung Tangguh ini sebagai salah satu barometer kelurahan dalam control perekonomian di masa Pandemi Covid-19. Dimana dari 6327 jiwa penduduk tidak ada satupun warga Pinang Jaya yang terpapar Covid-19.

Bacaan Lainnya



Kelurahan Pinang Jaya sendiri, menurut Ujang terdapat beberapa potensi, seperti dibidang ekonomi memiliki Home Industri Batik Tulis Lampung, Bakso, Perikanan dan penggilingan kopi yang tentunya menyerap tenaga kerja setempat.

“Tentunya dengan adanya Home Industri dapat membantu masyarakat, yang mana saat Pandemi Covid-19, banyak perusahaan melakukan PHK, namun di Home Industri ini masyarakat tetap dapat bekerja,” tuturnya, Senin (3/8).

Sementara, Wali Kota Bandarlampung Herman HN, menuturkan dipilihnya Pinang Jaya sebagai Kampung Tangguh, lantaran potensi yang dimiliki Kelurahan tersebut cukup untuk  pengembangan ekonomi di Kecamatan Kemiling.

“Karena sumber airnya cukup, lahannya masih bisa diberdayakan sehingga masyarakat yang belum bekerja dapat dipekerjakan. Disini banyak usaha disini, contoh saja pengolahan bakso ini yang bisa mempekerjakan 25 orang. Ini cukup potensinya bagaimana meningkatkan ekonomi kerakyatan di Lampung,” ujarnya,

Dia pun mengungkapkan bahwa keberlangsungan Kampung Tangguh ini akan terus, sebab kedepan Kampung Tangguh tersebut akan dijadikan Kampung percontohan,”Ya Kita bina jangan Cuma saat Launching saja,” ucapnya.

Senada, Wakapolda Lampung Brigjen Sudarsono menuturkan, pihaknya terus melakukan upaya untuk mengatasi Pandemi Covid-19 ini yang banyak berdampak pada berbagai sektor, salah satunya dengan program  Kampung Tangguh Nusantara terutama untuk mengatasi sektor ekonomi, kesehatan dan keamanan.

Adapun sisi lain dari Kampung Tangguh ini, menurutnya bagaimana ketangguhan dari Kelurahan/Desa memanfaatkan potensi di wilayahnya.

”Dengan dirumahnya parah buruh bisa meningkatkan ketahanan pangan misalnya dengan pemanfaatan lahan, jangan berpikir adanya wabah ini tidak bekerja dan tidak ada pemasukan, justru ini kita tingkatkan makanya kegiatan ini kita harapkan bisa bermanfaatkan,”ucapnya.

“Saya menyampaikan Apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, semoga hal ini menjadi darma bhakti kita menjadi amal ibadah kita kepada Allah SWT,”tutupnya.(pip/mlo)



Pos terkait