Wakili Indonesia, Mahasiswi Asal Lambar akan Ikuti Pertukaran Mahasiswa ke Amerika Serikat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Lampung Barat, Bahkan Provinsi Lampung ditorehkan Vina Qurotta Ayuningrum, seorang mahasiswi Universitas Teknokrat Indonesia asal Pekon Lombok, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat.

Anak pertama dari pasangan Purnomo Aji dan Susila Warni itu menjadi satu-satunya mahasiswi yang akan mewakili Lampung mengikuti pertukaran mahasiswa dalam program Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) di United States (US), Amerika Serikat yang rencana akan diberangkatkan bersama sejumlah Putra-Putri terbaik Indonesia pada 22 Februari tahun 2022 mendatang.

Selaku ayah, Purnomo Aji mengaku sangat bangga atas pencapaian yang diraih oleh anak pertama dari empat bersaudara tersebut. Menurutnya, potensi yang ada pada buah hatinya itu telah nampak sejak ia duduk dibangku sekolah dasar.

“Alhamdulillah, saya turut bangga, ikut senang. semoga ini menjadi jalan kesuksesan kelak untuk meraih cita-citanya menjadi seorang dosen,” ungkap Pria yang sehari-hari menggeluti usaha bengkel motor dan jasa las tersebut.

Ia mengatakan, prestasi yang ditunjukan oleh Vina telah terlihat sejak ia sekolah dasar dengan meraih peringkat kelas sejak ia duduk dibangku kelas 2 SD. Perjalanan pendidikan buah hati kelahiran tahun 2001 itu berawal dari menempuh pendidikan di SDN 1 Lombok, SMPN Warkuk Kota Batu, OKU Selatan, dan melanjutkan pendidikan di SMA Negeri Sukau hingga kini masuk dalam universitas teknokrat dan mendapat beasiswa murni.

“Ya dari kelas 2 sampai kelas 6 SD memang sudah dapat peringkat kelas, selain itu ia juga punya bakat menari dan juga gemar dengan bahasa Inggris. Cita-citanya ia ingin menjadi dosen atau meneruskan profesi ibunya yang merupakan seorang guru,” ucapnya.

Ia berharap, keberangkatan putri sulungnya untuk menempuh pendidikan di ‘Negeri Paman Sam’ tersebut dapat memberikan pengalaman berharga dan ilmu yang bermanfaat untuk bangsa dan negara.

“Selaku orang tua, saya juga berharap dukungan dari pemerintah daerah serta iringan doa dari masyarakat lambar, semoga pendidikan yang akan ditempuh kurang lebih satu tahun disana berjalan lancar dan pulang membawa ilmu yang bermanfaat serta menjadi modal untuk melanjutkan pendidikan ke Strata dua (S2),” harapnya.

Seperti diketahui, dikutip dari laman resmi universitas teknokrat, Vina merupakan mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris yang mewakili Provinsi Lampung menjadi finalis pertukaran pelajar bersama 11 mahasiswa lainnya yang berasal dari Manado, Pontianak, Papua Barat, Jawa Timur, Bali, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Aceh dan Bogor ke Amerika Serikat melalui program Global UGRAD. 

Prestasi ini melengkapi prestasi-prestasi sebelumnya yang diraih oleh Vina di antaranya yaitu juara 1 Nasional Speech Competition English Festival UBM 2021, Duta Pemuda Lampung Dispora Lampung 2020, Delegasi Lampung dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia Kemenpora 2020, harapan I karya tulis ilmiah OJK 2020. 

Kemudian, pemenang kostum terbaik dalam pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung Kantor Bahasa Provinsi Lampung 2020, juara II Lomba Pidato Bahasa Inggris dalam kegiatan English Proficiency Award Polinela, juara IV lomba Berbalas Pantun Kantor Bahasa Provinsi Lampung. 

Menanggapi itu, Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., menambahkan, kampus sangat bangga dengan prestasi Vina.

Apalagi akan mewakil Indonesia di negara adidaya. Mahathir berharap Vina mampu membawa nama baik almamater di sana. Kemudian, menjadi duta Indonesia untuk mengenalkan khazanah Nusantara di luar negeri. Mahathir ingin, Vina menjadi pioner bagi mahasiswa lain untuk menunjukkan prestasi tertingginya, baik dalam bidang akademik dan nonakademik. (edi/mlo)

Pos terkait