Walaupun Berstatus Honorer, PAH Gunung Labuan Selalu Aktif

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Selain aktif melakukan penyuluhan dan pembinaan. Penyuluh Agama Islam Honorer (PAH) Kecamatan Gunung Labuhan juga mengintensifkan sinergitas dengan Kantor Urusan Agama (KUA).

Khaeirul Huda Abm, S.Pd.I., M.Pd., selaku Koordinator Penyuluh Agama Islam setempat mengatakan bahwa hal tersebut memang sudah menjadi kesepakatan serta kewajiban bersama antara pihaknya dengan KUA untuk menerapkan jadwal piket harian dari masing-masing personil Penyuluh Agama Islam yang memiliki wilayah kerja di KUA Gunung Labuhan. 

Bacaan Lainnya

“Adapun hal ini sudah menjadi bagian dari suatu Amanah kami selaku Penyuluh Agama Islam, karena selain kami masifkan pembinaan terhadap masing-masing kampung binaan, kami pun juga tidak lupa untuk bersinergi dengan Kantor Urusan Agama setempat untuk saling berkolaborasi serta berkoordinasi perihal apa yang sudah menjadi tugas dan amanah kami,” ungkap Khaeirul Huda Abm saat dikonfirmasi di KUA Gunung Labuhan, (26/1). 

Lebih jauh, Khaerul Huda Abm yang kerap dipanggil dengan sebutan Aak Deden itu mengatakan bahwa Penyuluh Agama Islam setiap kecamatan itu memang sudah diklasifikasikan berdasarkan spesialisasi, ada 8 spesialisasi yang dibidangi dari masing-masing Penyuluh Agama Islam tersebut. 

“Adapun masing-masing bidang spesialisasi penyuluh itu diantaranya yakni Buta Huruf Al-Qur’an, Keluarga Sakinah, Zakat, Wakaf, Produk Halal, Kerukunan Antar Umat Beragama, Radikalisme dan Aliran Sempalan, serta Napza dan HIV/AIDS. Delapan bidang inilah yang menjadi garapan spesialisasi dari masing-masing Penyuluh yang mesti dipahami, kemudian hal inilah jika nanti ada yang membutuhkan pelayanan di KUA terkait konsultasi yang berkaitan dengan bidang-bidang Itu kami insyaallah siap untuk melayani, tidak hanya di kantor di majelis ilmu pun kami siap hadir jika ada yang membutuhkan untuk berkonsultasi karena sudah menjadi tupoksi dan ladang dakwah serta amanah kami,” jelasnya. 

Akan tetapi jika tidak ada yang konsultasi lanjut Khaerul, Kami juga aktif membantu secara administratif di KUA Wilayah Kerjanya. 

“Kami juga intensifkan berdinas di KUA untuk membantu secara administrasi, pendataan, Kursus Calon Pengantin (Suscatin) memberikan pelayanan konsultasi wakaf, zakat, nikah dan lain-lain,” ungkapnya. 

Berdasarkan hal tersebut, Drs. H. Darlin selaku Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gunung Labuhan apresiasi terhadap dedikasi yang telah diberikan Penyuluh Agama Islam Honorer kepada KUA yang ia pimpin. 

“Apresiasi yang tak terhingga saya sampaikan kepada seluruh Penyuluh Agama Islam Honorer (PAH) Kecamatan Gunung Labuhan yang telah berdedikasi dengan baik terhadap apa yang menjadi pelaksanaan program KUA Kecamatan Gunung Labuhan, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala aktivitas Penyuluh Agama Islam,” pungkasnya.9wk1/mlo)


Pos terkait