Walikota Bandarlampung Larang ASN Keluar Kota Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Walikota Bandarlampung Eva Dwiana menerbitkan Surat Edaran untuk ASN yang bekerja di Pemkot Bandarlampung tidak melakukan mudik atau cuti selama Bulan suci Ramadhan dan Libur Idul Fitri 2021

Surat Edaran tersebut diterbitkan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Lampung No.045.2/1308/07/2021 Tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah Dan/Atau Kegiatan Mudik Dan/Atau Cuti Bagi Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Selama Ramadhan dan Libur Idul Fitri Tahun 2021 di Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya



Ada lima poin penting yang tercantum dalam surat edaran yang diterbitkan oleh Walikota bandarlampung  tersebut.

Poin pertama, dalam rangka mencegah dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi resiko penularan Coronavirus Disease (COVID-19), Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung dan keluarganya dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik selama bulan Ramadhan sampai dengan libur Idul Fitri tanggal 17 Mei 2021.

Poin kedua, Aparatur Sipil Negara yang dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah, maka yang bersangkutan harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Pejabat yang berwenang dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Poin ketiga, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk tetap melakukan pembinaan dan penegakan disiplin Aparatur Sipil Negara dan kegiatan pencegahan dan pemantauan penyebaran Covid-19 pada unit kerjanya masing-masing sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. 

Poin keempat, Pelanggaran disiplin Aparatur Sipil Negara terkait Surat Edaran ini maka akan dikenakan hukuman disiplin sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Dan yang ke 5. Dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung. Agar mengajak masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta menerapkan 5M+3T, yaitu.

  1. Menggunakan masker dengan benar ketika berada atau berkegiatan di luar rumah tanpa terkecuali;
  2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  3. Menjaga jarak dengan orang lain ketika melakukan komunikasi antar individu (physical distancing);
  4. Menjauhi kerumunan;
  5. Membatas teraksi;
  6. Testing atau pemeriksaan dini pada seseorang;
  7. Tracing atau pelacakan pada kontak-kontak terdekat pasien positif Covid-19;
  8. Treatment atau perawatan yang dilakukan apabila seseorang positif Covid-19.

(*/mlo)




Pos terkait