Warga Belum Bisa Terbebas Dari Rasa Khawatir

  • Whatsapp
Tanggul sungai Way Belu di Pekon Bandarkejadian Kecamatan Wonosobo kian terkikis. Saat ini sejumlah rumah warga sudah hampir sejajar dengan aliran sungai Way Belu. Foto rnn/mlo

Medialampung.co.id – Warga yang rumahnya nyaris sejajar dengan pinggiran sungai Way Belu, di Pekon Bandar Kejadian, Kecamatan Wonosobo, belum bisa terbebas dari rasa khawatir. Pasalnya, perkuatan tebing atau pembangunan bronjong di sungai Way Belu yang diharapkan warga setempat, belum dapat direalisasikan pada tahun ini.

Kepala Bidang Pengairan Dinas PUPR Kabupaten Tanggamus,  Dadang mengaku, belum ada anggaran untuk perkuatan tebing di Sungai Way Belu pada tahun ini.

Bacaan Lainnya



“Sepertinya belum ada anggaran untuk perkuatan tebing di Sungai Way Belu,” kata  Dadang ketika dikonfirmasi radarlampung.co.id . 

Menurut Dadang, pihaknya belum mendapat laporan terkait terkikisnya tanggul sungai Way Belu yang ada di Pekon Bandar Kejadian serta rumah warga yang sudah nyaris hanyut tersebut. Kendati demikian, ia meminta agar aparat pekon mengusulkan ke Bidang Pengairan Tanggamus.

“Buat saja proposalnya, nanti kita upayakan agar bisa dianggarkan pada tahun depan,” ujar Dadang.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus juga sudah menurunkan alat berat untuk membenahi sungai Way Belu.

Namun Sariffudin, salah seorang warga Pekon Bandar Kejadian mengaku, pembangunan tanggul darurat oleh BPBD tersebut tidak sampai dilakukan di Pekon Bandar Kejadian. Hanya di sekitar Bendungan Way Belu dan Pekon Negara Batin.

“Sekarang tanggulnya sudah terkikis lagi, karena pembangunan tanggul daruratnya gak sampai sini. Dan sekarang alat berat sudah ditarik naik lagi,” tukasnya. (rnn/ehl/mlo)



Pos terkait