Warga dan Aparat Pekon Karangagung Bertindak Cepat Tangani Longsor Jalan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Warga bersama aparatur Pekon Karangaagung, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bergotong royong membentengi lokasi longsor di jalan penghubung antara Pemangku I Karangagung ke Pemangku Cengkaan. Dengan membuat penahan air menggunakan karung diisi tanah. 

Upaya tersebut langkah sebagai tanggap sementara, menekan longsor yang telah menyentuh badan jalan berupa cor beton tidak sampai memutuskan jalur.

Bacaan Lainnya


“Jalur ini mengalami longsor Jumat kemarin akibat intensitas hujan yang terus menerus mengguyur,” ungkap aparat pekon setempat Sukirman mendamping Peratin Hi. Sufrizal, S.E., kepada awak media ini. 

Dijelaskannya jalur beton tersebut sekitar Delapan tahun lalu dibangun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten, sebagaimana statusnya milik kabupaten yang merupakan jalan poros penghubung antar pemangku. Lima pemangku.

Terkait kerusakan akibat bencana alam tersebut. Pihaknya berharap peran serta Pemkab Lambar dalam memberikan penanganan dini sebagai langkah pencegahan kerusakan fasilitas yang bukan saja akan menguras biaya untuk perbaikan tapi berdampak pada kelancaran aktivitas warga.

“Jika dilihat dari kerusakan yang terjadi, upaya yang tepat dalam menangani longsor diberikan Talud Penahan Tanah (TPT) atau bronjong. Lantaran upaya pemasangan benteng dengan tanah dalam karung sifatnya hanya sementara. Dan ketika hujan turun akan sangat rentan terjadi kerusakan tambahan,” sebut dia.

Namun, untuk lebih memastikan kondisi yang terjadi. Dan mengetahui dampak fatalnya jika tidak diberikan penanganan segera, pihak berkompeten pemerintah meninjau lokasi. (r1n/mlo)




Pos terkait