Warga dan Aparat Pekon Sukapura Gotong Royong Perbaiki Jaling Rusak 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Warga Pemangku 7, Pekon Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bersama aparatur terkait pekon, menggelar gotong royong penanganan longsor ruas jalan lingkungan pemangku setempat Selasa (14/4).

Perbaikan secara manual tersebut sebagai langkah tanggap, lantaran saat ini longsor sudah menyentuh badan jalan rabat beton, sehingga bukan saja membahayakan warga yang melintas. Tapi mengancam amblasnya badan jalan. 

Bacaan Lainnya


Dalam perbaikan itu warga memasang benteng tanah dalam karung dengan penahanan batang bambu di dalam jurang yang kedalamannya lebih kurang 15 Meter dengan lebar longsor sekitar Enam meter. 

Kasi Pemberdayaan Yeti Ariyanti mendampingi Peratin Setia Wati mengatakan, upaya perbaikan dengan memasang benteng tanah dalam karung dengan tulang penyangga bambu tersebut, merupakan langkah yang tepat untuk penahanan sementara waktu. 

Karena di tahun 2020 ini tidak terdanai untuk perbaikan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) dengan beberapa faktor pertama, 2019 untuk pemangku 7 tersebut telah mendapat giliran pembangunan fisik. Hal itu sesuai kesepakatan bersama dalam pembangunan dilakukan secara merata dan bergilir. 

Artinya kata Yeti baru dapat kembali diperbaiki atau dibangun ulang minimal 2021. Sehingga dengan langkah perbaikan yang dilakukan saat ini oleh warga merupakan solusi yang tepat.

“Semoga bangunan sementara yang diperbaiki ini akan mampu bertahan hingga masa pembangunan tiba. Dan dengan pola ini juga diharapkan kokok karena penerapan ini menang sering dilakukan,” ujarnya. 

Hanya saja pihaknya mengimbau warga ketika melintas untuk lebih berhati-hati, sebab dari badan jalan tidak ada lagi talud melainkan langsung masuk jurang. “Saat musim hujan juga kami mengharapkan warga sekitaran untuk melakukan pengawasan, dan ketika terjadi longsor atau bentuk lain agar segera laporan dengan aparat guna dilakukan langkah preventif lainnya,” tandas Yeti (rin/mlo)




Pos terkait