Warga Diimbau Waspadai Dampak Cuaca Ekstrim di Lambar

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Cuaca ekstrim yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat, diperkirakan masih akan berlangsung hingga beberapa waktu kedepan.

Untuk itu, warga khususnya pengguna jalan di imbau agar tetap terhadap potensi bencana longsor dan pohon tumbang.

Bacaan Lainnya



Kabid Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa S.T, mendampingi Plt. kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ismet Inoni, mengatakan, secara umum Lambar merupakan lokasi topografi. Banyak daerah perbukitan sehingga rawan terjadi longsor.

“Kami me­ng­imbau warga waspada dan berhati-hati terutama di wilayah yang rentan terjadi ben­cana,  Untuk di jalur Liwa -Krui setiap pengguna jalan kita minta waspada, karena selain longsor, bencana pohon tumbang juga mengancam,” terang Mekal.

Jika sebelumnya terjadi longsor di kilometer (KM) 2 Pekon Kubuperahu. Sore ini, tepatnya di Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan (TNBBS) terjadi bencana pohon tumbang, meski kondisinya tidak berdampak pada kemacetan arus lalulintas, namun pengguna jalan diminta waspada.

“Sore tadi sekitar pukul 17.00 WIB terjadi pohon tumbang. Namun ukuran batang pohon tidak terlalu besar, sehingga upaya penanganan tidak terlalu menyulitkan tim BPBD sehingga hanya beberapa menit saja, akses jalan berhasil dibersihkan,” imbuhnya.

Untuk melakukan langkah antisipasi di tengah cuaca ekstrim ini pihaknya juga terus melakukan pengecekan terhadap lokasi-lokasi  perbukitan atau wilayah yang bisa ber­potensi longsor.

“Kami mengimbau war­ga untuk mengurangi aktivitas  bepergian keluar rumah ketika turun hujan disertai angin kencang guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan,” pintanya.

Imbauan ini juga ditu­jukan  bagi warga yang ting­gal di beberapa daerah rawan banjir. Sebab kondisi cuaca hujan saat ini dinilai akan sedikit mengejutkan dengan ritme yang berubah-ubah,  tiba-tiba panas kemudian hujan begitupun sebaliknya.

“Bencana alam se­perti, banjir dan longsor serta  pohon tumbang terjadi se­tiap waktu. Karena itu, war­ga harus selalu diingatkan agar tetap waspada. Tim kami juga membuka pintu bagi warga yang butuh bantuan. Apabila terjadi bencana di lingkungan sekitar segera laporkan ke BPBD atau melalui aparat setempat,“ tandasnya.(edi/mlo)



Pos terkait