Warga Kampung Karang Agung Gotong Royong Perbaiki Jalan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat Kampung Karang Agung Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Waykanan memberikan Edukasi yang baik bagi warga Waykanan lain di masa pandemi corona, disaat banyak dana desa yang terserap untuk pencegahan Covid-19, maka warga Kampung Karang Agung akhirnya sepakat bergotong royong guna memperbaiki jalan mereka yang rusak.

“Disaat musim penghujan seperti ini selain sawah kami yang kerap direndam air yang mengakibatkan tanaman padi kami puso, siring dan gorong-gorong yang ada di jalan tengah Kampung kami juga kerap tersumbat sehingga menyebabkan air meluap ke badan jalan dan itulah yang mengakibatkan jalan di kampung kami tak ubahnya seperti sungai buatan di kala musim hujan, untuk diperbaiki mungkin kami masih menunggu lama karena Dana Desa lebih banyak terserap untuk pencegahan Covid-19. Untuk itulah masyarakat sepakat melakukan gotong royong membersihkan siring dan gorong-gorong serta menimbun jalan,” ujar Azhari yang dibenarkan oleh Hi. Ahmad Hatim warga setempat, Kamis (14/1).

Bacaan Lainnya

“Akibat air yang kerap menggenang, badan jalan kampung kami semakin cepat rusak dan membuat lubang-lubang yang cukup dalam yang menjadi penyebab utama kecelakaan, apalagi kalau ada orang luar yang menggunakan jalan tersebut dan belum mengetahui kalau lubang-lubang tersebut sangat dalam,” imbuhnya.

Sementara itu H. Ahmad Hatim menambahkan, warga secara sukarela bergotong-royong dengan menambal jalan yang berlubang dengan peralatan seadanya dan menggunakan uang kas RT yang mereka miliki.

“Kami sadar dengan adanya Covid-19, Pemkab Waykanan belum menganggarkan untuk infrastruktur desa, jadi kami bersama warga setempat bergerak untuk bergotong royong dan anggaran diambil dari kas RT dusun 02 kampung Karang Agung yang berjumlah Rp.400.000 dan Warga pun berharap semoga setelah usai pandemi, pemerintah dapat merealisasikan pembangunan infrastruktur desa,” tegas H. Ahmad Hatim.

Terpisah, Irawan Puncak, SH., Mantan kepala kampung Karang Agung Kecamatan pakuan Ratu menerangkan bahwa, Kampung Karang Agung merupakan kampung terujung di Kecamatan Pakuan Ratu yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Bahuga dan setiap tahun pasti mengalami bencana banjir apalagi memang letak geografis Kampung tersebut lebih rendah dari kampung-kampung yang lain namun roda pembangunan justru sangat lambat mengarah ke salah satu kampung tertua di Waykanan tersebut.

“Kampung kami setiap tahun kena banjir tetapi pembangunan dari pemerintah Kabupaten maupun provinsi sangat kurang dan dan untuk tahun yang akan datang ini kami sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah apalagi saat ini Gubernur kita adalah orang asli Waykanan, Bupati kita juga Asli Waykanan kapan lagi berbuat lebih baik untuk Waykanan,” tegas Irawan Puncak.(wk1/mlo)


Pos terkait