Warga Keluhkan Kabel Listrik Bergelantung di Pohon Tanpa Tiang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Puluhan rumah di Pemangku V Nengah Jadi, Pekon Sukabanjar, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat hingga saat ini belum memiliki tiang listrik yang sesuai standar PLN pada umumnya. 

Meski, sejak puluhan tahun lalu terpasang, instalasi yang tersambung ke rumah warga hanya tersambung dari rumah satu ke rumah lainnya, bahkan total jaringan listrik sepanjang sekitar 1 Kilometer (KM) itu juga bergelantung di sejumlah dahan pohon. Kondisi itu banyak dikeluhkan warga setempat.

Bacaan Lainnya



Peratin Sukabanjar Hasimi tak menampik kondisi itu, menurutnya keluhan warga tersebut sudah sejak lama di keluhkan dan telah disampaikan ke PT PLN Rayon liwa, namun hingga kini belum ada tindak lanjut.

“Total ada sekitar 1000 meter kabel tanpa tiang yang hanya bersandar di beberapa dahan pohon, kondisi ini sangat membahayakan warga. Untuk itu kami berharap ada tindak lanjut dari pihak PLN,” terang dia.

Sementara Abdul Kohar (43), salah seorang warga setempat menambahkan bahwa, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, diantaranya menyampaikan ke pemerintah setempat, namun belum pernah ditindaklanjuti.

“Kami harap, PLN segera menindaklanjuti keluhan kami, dan segera memasang tiang listrik. Kami hanya khawatir, jangan sampai ada kabel yang putus dan memakan korban jiwa,” katanya.

Selain itu, akibat tidak adanya tiang listrik voltase juga sangat rendah. Tegangan rendah tersebut membuat barang elektronik warga kerap rusak.

“Kondisi listrik juga kadang tidak normal, mungkin karena sering terjadi gesekan kabel dengan dahan pohon,” imbuhnya.

Sementara, Manager PT PLN Rayon Liwa Muhamad Roihan, mengaku segera menindaklanjuti usulan tersebut. Dalam hal ini pemerintah pekon kembali menyampaikan surat untuk diteruskan ke pusat.

“Segera kami tindaklanjuti, dan kami minta pemerintah pekon segera menyampaikan usulan tertulis, untuk kami teruskan ke PLN pusat,” singkat dia.(edi/mlo)



Pos terkait