Warga Krui Raih Predikat Putera Bahari 2019

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Perjuangan Irvan Apriza (20) tidak sia-sia, ia dinobatkan sebagai putera bahari indonesia tahun 2019 yang bersanding dengan Syeha Safira Alhaddar yang juga perwakilan lampung dan meraih predikat Puteri Bahari Indonesia 2019 dalam pemilihan Putera Puteri Bahari Indonesia tahun 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Sabtu (9/11) malam kemarin.

Irvan Apriza merupakan Mahasiswa Universitas Lampung, kelahiran Pekon Bumi Waras, Kecamatan Waykrui, Kabupaten Pesisr Barat (Pesbar). Sebagai perwakilan Provinsi Irvan berhasil menyisihkan finalis lain dari provinsi di seluruh Indonesia. Penobatan sebagai Putera Bahari Indonesia 2019 merupakan hasil perjuangan panjang.

Putera kedua pasangan Oktori Munandar dan Misdalifah itu mengatakan dirinya sangat senang dapat bertemu dengan teman teman dari berbagai macam provinsi di Indonesia, seluruh peserta disatukan dalam karantina yang berlangsung selama sepekan di Seskoal TNI A.

“Dengan berbagai macam kegiatan mulai dari kunjungan ke Kepulauan Seribu, Outbound, Materi, Talentshow, National Costume show, Makrab, Penjurian, Koreo sampai ke GrandFinal. Semua peserta sangat antusias selama mengikuti karantina,” kata dia.

Menurutnya, dalam pemilihan putera puteri bahari indoensia, persaingan sangat ketat, bahkan dirinya harus bersaing dagan putera puteri terbaik provinsi masing masing, dan dirinya tidak menyangka mampu meraih juara I dalam kegiatan itu.

“Dalam semua kegiatan harus selalu tampil dengan maksimal, aktif selama mengikuti kegitan, disiplin tepat waktu, kompak dalam tim, dan yang terpenting harus benar-benar paham tentang keadaan bahari provinsi masing masing dan wawasan tentang kebaharian yang ada di Indonesia,” jelasnya

Irvan berharap, dengan dengan gelar baru itu dirinya dapat amanah dalam menjalankan tugas, dan bisa memotivasi untuk menjadi ikon dalam pelestarian dan promosi bahari Indonesia.

“Sebagai generasi muda langkah kecil yang bisa kita lakukan adalah ikut serta dalam melestarikan bahari Indonesia dimulai dari mengkampanye kan pengurangan penggunaan plastik, beralih ke penggunaan stainless, tumbler, goodybag, karena kita tahu permasalahan terbesar laut indonesia saat ini adalah penyumbang sampah lautan terbesar kedua di dunia,” terangnya.

Sementara itu, peratin Bumi Waras Aulia Rahman menyampaikan ucapan selamat atas diraihnya juara 1 dalam pemilihan putera dan puri bahari indonesia oleh Irvan Apriza yang merupakan masyarakat Pekon Bumi Waras. Apa yang diraih Apriza diarapkan bisa menjadi mtivasi untuk generasi muda agar bisa terus berjuang dalam semua kegiatan yang positif.

“Kami berharap kedepannya bisa berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Pesisir Barat, terutama dalam bidang bahari karena kita tahu sebagian besar wilayah Pesbar merupakan laut,” singkatnya. (yog/d1n/mlo)




Pos terkait