Warga Lambar Diimbau Waspadai Penyebaran Virus Corona

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lambar mengimbau warga untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang baru ditemukan di Kota Wuhan, Cina.

Sekretaris Dinas Kesehatan Cahyani Susilawati, S.K.M, M.Kes mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Paijo, S.K.M, M.Kes, mengatakan, Sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya warga Lambar yang terinfeksi virus Corona dan mudah-mudahan itu tidak ada.

Bacaan Lainnya



“Jadi masyarakat kita imbau agar waspada terhadap virus Corona. Bagi warga yang mengalami keluhan seperti, gangguan pernapasan, demam disertai pilek, batuk, sakit tenggorokan segera melapor dan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Cahyani Susilawati, S.K.M, M.Kes mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Paijo, S.K.M, M.Kes, Senin (27/1).

Dijelaskannya, Novel Coronavirus (2019-nCoV) adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernapasan. Virus ini berasal dari Cina, pertama kali muncul di Kota Wuhan  dan Novel Coronavirus merupakan satu keluarga dengan penyebab SARS dan Mers virus 2019-CoV diduga bersifar zoonosis yang penularannya terjadi antara hewan ke manusia namun seiring bertambahnya kasus, pemerintah Cina mengkonfirmasi bahwa telah terjadi penularan antar manusia.

Lanjut dia, pada kasus yang lebih parah infeksi virus ini dapat menyebabkan Pneumonia, Sindrom pernapasan akut hingga komflikasi gagal ginjal hingga kematian.

“Belum ada vaksinasi maupun pengobatan yang tersedia saat ini untuk infeksi dari virus 2019-nCoV. Pemahaman yang baik, kewaspadaan dini dan menghindari kontak dengan pasien yang diduga terinfeksi merupakan kunci utama pencegahan yang dinilai efektif,” tegas Susi—sapaan Cahyani Susilawati.

Seraya menambahkan, langkah-langkah yang dapat dilaksanakan diantaranya yakitu cuci tangan pakai sabun sebelum makan atau dari berpergian, gunakan amsker bila batuk dan pilek, konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah, hati hati kontrak dengan hewan, rajin olahraga dan istirahat cukup, jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak, serta apabila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke pasilitas kesehatan.

Untuk itu, Susi meminta kepada warga Lambar untuk waspada dan bagi yang hendak berpergian ke luar negeri, terutama ke Cina agar mematuhi travel advisory yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri.

Kemudian disarankan menggunakan masker bila berada dikerumuman orang, jika mengalami penyakit pernafasan selama di Cina atau setelah kembali ke tanah air , segera hubungi petugas kesehatan dan sampaikan riwayat perjalanan, serta disarankan untuk tidak mengunjungi pasar hewan.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh puskemas di Kabupaten Lambar agar memantau lebih ketat dan melakukan isolasi pasien dengan gejala Pneumonia dan ada riwayat perjalanan dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum muncul gejala serta membnerikan kumunikasi informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat tentang Pneumonia dan cara mencegah penularannya, serta anjuran agar segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat .  ”Semoga saja Kabupaten Lambar terbebaskan dari serangan virus Corona,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait