Warga Pekon Ciptamulya Kerja Bakti Jaga Lingkungan dari Sampah 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Warga bersama aparat Pekon Ciptamulya, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan, Jumat (16/10).

Dalam kegiatan gotong royong tersebut lokasi dipusatkan di jalur menuju SMPN 1, Kebuntebu dan ruas jalan utama pekon yang kendati dijadikan oleh oknum tak bertanggung jawab buang sampah sembarangan. 

Bacaan Lainnya



Warga tampak antusias melakukan pembersihan seperti pembakaran sampah-sampah dan pemotongan rumput di pinggir jalan. Sehingga lokasi terlihat bersih meskipun banyak terpasang spanduk larangan buang sampah sembarangan. 

Peratin Nandang Romadona menyebutkan, lokasi kegiatan gotong royong di Pemangku Sukamulya tersebut memang harus lebih intens dilaksanakan.

Sampah yang dibuang sembarangan oleh oknum tak bertanggung jawab bukan saja menciptakan pemandangan yang kurang sedap, tapi juga menjadikan lingkungan kumuh hingga berdampak munculnya kuman dan hama yang bakal ganggu kesehatan warga. 

Pihaknya juga menyebutkan pekon merencanakan membentuk peraturan terkait sampah, dimana salah satu poinnya sanksi bagi siapa saja yang kedapatan buang sampah bukan pada tempat semestinya. 

“Jika dilihat sekilas sampah ini masalah ringan, namun jika itu terus berlanjut dari hari ke hari, bulan ke bulan dan menahun akan menjadi masalah besar, apalagi limbah yang sifatnya susah hancur di tanah, seperti plastik, atau jenis-jenis benda keras lainnya yang akan merusak dan mencemari lingkungan,” ungkapnya.

Nandang juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keasrian pekon. Dan tidak sungkan melakukan teguran kepada siapa saja yang kedapatan buang sampah sembarangan.

“Saya sangat mendukung pemasangan spanduk larangan di lokasi-lokasi tersebut sebagai peringatan agar tidak sembarangan buang sampah,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait