Warga Pekon Sidodadi Tata Lahan Jadi Demplot PM 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat persama aparatur pemerintahan Pekon Sidodadi, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, menggelar gotong royong penataan lahan kosong milik pekon untuk dijadikan demplot ketahanan pangan, program Pangan Mandiri (PM).

Kegiatan gotong-royong yang memang sudah menjadi tradisi masyarakat setempat, Senin (5/4), diikuti para ibu PKK, Karang Taruna dan Aparat Pekon setempat. 

Bacaan Lainnya

“Lahan yang terletak di RT Matangkabau, Pemangku Melati Satu ini luasnya satu hektar. Status milik pekon yang dihibahkan warga untuk dibangun tempat ibadah (masjid),” ungkap Peratin Prayitno kepada media ini. 

Karena untuk pembangunan masjidnya belum dilaksanakan sehingga lahan itu untuk sementara ini dimanfaatkan menjadi demplot PM, yang ditanam ubi kayu yang manfaatnya untuk masyarakat pekon dalam rangka kesiapan ketahanan pangan. 

Pada kesempatan itu, Prayitno—akrab disapa Bang Malik, mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat, yang selalu mendukung penuh setiap kegiatan pekon. Seperti dalam penataan demplot tersebut mayoritas pesertanya ibu-ibu dan para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna serta warga lainnya. 

Seperti diketahui, saat ini Kabupaten Lampung Barat khususnya, telah memprogramkan Pangan Mandiri di semua pekon dan kelurahan. Hal tersebut agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan, seperti pekarangan atau tanah yang selama ini tidur dimanfaatkan untuk ditanami pangan.

Dengan manfaat yang sangat besar, pertama sedikit banyaknya kebutuhan pangan keluarga dapat ditambah dari PM. 

Terlebih sekarang dunia sedang dihadapkan dengan kondisi Pandemi Covid-2019 yang memukul bukan saja bidang kesehatan melainkan semua sektor termasuk bidang pangan. (r1n/hrs/mlo)




Pos terkait