Warga Pekon Tigajaya Berpartisipasi Buka Badan Jalan Program PKTD

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sumringah, dengan penuh semangat puluhan warga Pekon Tigajaya, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) ikut berpartisipasi melakukan pembukaan badan jalan penghubung antar pemangku kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) 2021. 

Peratin Tigajaya, Prayetno mengatakan, dalam  PKTD tersebut warga bersama perangkat pekon melakukan pembukaan badan jalan yang sebelumnya hanya jalan setapak, sekaligus pembuatan siring.

Bacaan Lainnya

Dimana jika memungkinkan anggarannya 2022 mendatang akan diberikan peningkatan pembangunan berupa perkerasan badan jalan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD). 

“Jalan ini memang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Pekon, jadi dika kedepan dana memungkinkan maka pembangunannya masuk prioritas,” katanya.

Sementara dalam kegiatan PKTD itu sendiri masyarakat atau warga yang mengikuti gotong royong diberikan upah untuk kerja satu hari sebesar Rp50 ribu, setengah hari Rp20 ribu. Dan ruas jalan yang dibuka panjangnya mencapai 1.267 Meter.

“Anggaran untuk PKTD ini sebesar Rp8 juta, dan sebesar Rp7 juta untuk upah kerja sisanya satu juta pembelian peralatan kerja seperti cangkul dan lainnya,” jelas Prayitno.

Sementara dikonfirmasi beberapa warga menyebutkan sangat senang dengan adanya PKTD tersebut. Dimana di tengah situasi seperti ini dengan kondisi ekonomi yang cukup sulit dampak Covid-19 warga diberikan kesempatan bekerja untuk pekon dengan diberikan pesangon. 

“Kami merasa terbantu sudah berbakti untuk pekon kami juga diberikan pesangon,” terang Mulyono, Senen dan Wasril Hadi.(r1n/mlo)


Pos terkait