Warga Sukajadi Lakukan Satu Gerakan Dua Manfaat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sekali merengkuh dayung, dua pulau terlampaui, begitulah gambaran dari kegiatan gotong royong yang dilakukan warga Pekon Sukajadi, Kecamatan Airhitam Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Minggu (5/1).

Bagaimana tidak, penataan badan jalan lingkungan di Pemangku Sidomulyo tersebut dilakukan agar kondisi jalan yang saat ini masih berupa jalan tanah itu tetap dapat dilalui warga meskipun ditengah musim hujan.

Bacaan Lainnya



Selain itu, penataan jalur itu dilakukan untuk persiapan dini terkait rencana pembangunan (peningkatan) badan jalan berupa perkerasan badan jalan jenis rabat beton yang dijadwalkan akan direalisasikan tahun ini dengan memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD).

Peratin Mustain menyebutkan, kegiatan gotong royong berupa penataan akses jalan hingga sarana prasarana lainnya di pekon itu sudah menjadi tradisi yang rutin dilaksanakan minimal sekali dalam satu bulan.

Terlebih, di musim hujan seperti saat ini, gotong royong tersebut bisa-bisa dihelat sekali dalam seminggu di semua pemangku, mengingat jalan atau fasilitas umum lainnya belum sepenuhnya terbangun. Karena usia dan letak pemukiman di pedalaman yang dikelilingi perkebunan kopi.

Pada kesempatan itu Mustain mengingatkan warganya untuk terus waspada menghadapi cuaca ekstrim yang tengah melanda, seperti tidak melakukan aktifitas di lahan yang rentan bencana seperti longsor, karena dampak dari tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak bulan lalu, membuat kondisi tanah gembur dan berat jadi mudah terbuai air. “Bagi warga yang kebun kopi atau sawahnya berada di lokasi yang berpotensi longsor untuk sementara lebih baik menunda aktifitas bertaninya,” pintanya. (ius/mlo)



Pos terkait