Waspada Potensi Penyakit Jelang Musim Hujan

  • Whatsapp
Ilustrasi musim hujan

Medialampung.co.id Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau warga agar mewaspadai penyakit pada musim penghujan mendatang. Sebab di Kabupaten Pesbar mulai turun hujan meski dengan intensitas yang kecil.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Arfi Julizar, S. Km., mengatakan sebelum datang musim hujan, masyarakat harus mewaspadai serangan penyakit jika datang musim hujan agar tubuh tidak rentan sakit.

Bacaan Lainnya



“Ada sejumlah penyakit yang biasanya rentan dialami saat musim penghujan. Ini harus diwaspadai oleh masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik,” kata dia

Dijelaskannya, saat musim hujan potensi virus dan bakteri untuk menyerang manusia sangat tinggi. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah sangat rentan sakit.

“Masyarakat harus bisa menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan lingkungan, serta memperhatikan kebiasan hidup sehat agar tidak mudah terserang penyakit saat musim peralihan seperti dari musim panas ke musim hujan,” jelasnya

Arfi memberikan tips agar masyarakat dapat mengantisipasi penyebaran penyakit itu. Dimulai dari menjaga kebersihan agar bakteri dan virus tidak mudah menginfeksi tubuh dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

“Bagi warga Kabupaten Pesbar berhati hatilah dalam memilih makanan. Lalu mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan. Serta menjaga kondisi fisiknya supaya datangnya musim hujan tidak jadi penghalang untuk beraktivitas,” paparnya.

Selain itu, masyarakat harus mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Serta mengimbanginya dengan istirahat yang cukup. Dengan demikian, daya tahan tubuh bisa lebih terjaga. Serta Istirahat cukup, makan makanan yang bergizi seimbang. Lalu olahraga teratur,” ujarnya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, ia meyakini masyarakat bisa lebih mudah menjaga kesehatannya. Serta terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya pada musim penghujan.

“Kalau kita sudah siap dan paham bagaimana caranya untuk menghadapi musim penghujan ini, insya Allah kondisi kita akan kuat,” pungkasnya. (yog/d1n/mlo)



Pos terkait