Waspada!! Selain DBD, Diare dan ISPA Mengintai

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Memasuki musim hujan, masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat diminta waspada penyakit yang diakibatkan oleh genangan air seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), diare dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Pasalnya, perubahan cuaca memicu meningkatnya perkembangan virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit.

“Yang sifatnya waspada tentu harus dilakukan sebagai antisipasi, jadi ketika musim hujan tentu banyak menimbulkan genangan air sehingga perlu ada kewaspadaan agar tidak terkena penyakit seperti DBD, diare dan ISPA. Penyakit ini tak hanya menyerang anak-anak, tetapi juga dewasa hingga lansia,” ungkap Kepala UPT Puskesmas Batubrak David Kurniadi, S.Kep.,

Bacaan Lainnya



Sebab, sejauh ini penyakit diare dan ISPA cukup dikeluhkan oleh masyarakat,  dan menurutnya, berbagai penyakit tersebut disebabkan oleh virus dan bakteri. Selain faktor cuaca, berbagai penyakit ini disebabkan pola makan dan istirahat yang tidak teratur, sehingga membuat daya tahan tubuh menjadi lemah.

“Para penderita ISPA biasanya mengalami gejala flu, batuk, dan demam hingga berhari-hari. Jika sudah ada tanda-tanda demikian, kami mengimbau untuk segera diperiksakan ke puskesmas terdekat atau ke rumah sakit,”terangnya.

Para penderita ISPA, lanjut dia, bisa sembuh dalam waktu sekitar sepekan asalkan menjalani pengobatan rutin. “Untuk mengantisipasinya, kita harus meningkatkan daya tubuh, dengan cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat, di antaranya dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memakan makanan yang bergizi,” ujarnya.

Selain ISPA, penyakit diare dan DBD juga rentan menyerang masyarakat pada musim ini. Hal itu tak hanya disebabkan minimnya akses terhadap air bersih, tetapi juga akibat konsumsi makanan yang tidak sehat. Sebab penyakit tersebut tak hanya menyerang orang berdaya tahan tubuh lemah, tetapi juga rentan menyerang balita dan orang lanjut usia. Dengan demikian, para orang tua diimbau untuk lebih memperhatikan kesehatan anak-anaknya dan menjaga lingkungan agar bersih dan sehat.

“Untuk antisipasi DBD ada yang perlu diperhatikan agar dapat terhindar, diantaranya menguras tempat penyimpanan air, menutup tempat penampugan air, membuang dan menutup barang bekas yang menampung air, dan hindari gigitan nyamuk bisa dengan mengoleskan lotion anti nyamuk (3M Plus) itu lebih ampuh dari pada fogging, jadi masyarakat diimbau untuk tidak malas menerapkan 3M plus,” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait