Waspadai Virus Corona, RSUDAU Siapkan Ruang Isolasi

  • Whatsapp
Direktur RSUDAU dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B

Medialampung.co.id – Sebagai bentuk persiapan penanganan pasien terinfeksi virus corona, Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Kabupaten Lampung Barat menyiapkan ruangan khusus, yakni ruang isolasi atau Instalasi Respiratory High Care Unit (RHCU).

Direktur RSUD Alimuddin Umar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, ruangan tersebut digunakan untuk pasien terinfeksi yang membutuhkan isolasi, dan memerlukan penanganan khusus.

Bacaan Lainnya



“Tentu dengan kemunculan virus corona kami langsung menyiapkan langkah-langlah, salah satunya dengan mempersiapkan ruang isolasi dan peralatan yang dibutuhkan,” ungkap Wawan—sapaan Widyatmoko Kurniawan—di ruang kerjanya Kamis (30/1).

Dalam ruang isolasi tersebut, kata dia, petugas akan sigap melakukan penanganan untuk mengembalikan daya tahan tubuh pasien, dan ketika tidak ada perkembangan maka pihaknya akan langsung merujuk pasien dimaksud.

“Alhamdulillah hingga saat ini di Lambar belum ada kasus pasien terinfeksi virus corona dan semoga memang tidak ada, ini hanya bentuk kesiapan kami dari pihak rumah sakit saja,” ujarnya.

Dikatakannya, virus corona rentan menyerang segala usia mulai dari balita hingga lansia. Virus sejenis flu burung tersebut tentunya harus segera tertangani dengan maksimal, sehingga pasien bisa terselamatkan.

“Untuk infeksi virus corona biasanya daya tahan tubuh lemah. Gejalanya hampir mirip dengan infeksi virus pada umumnya yakni demam tinggi diatas 38 derajat celcius, sakit kepala, batuk kering, dan sesak nafas, karena itu perlunya segera ditangani,” bebernya. (nop/mlo)



Pos terkait