Way Besai Meluap, Rumah Warga Terendam Hingga Selutut

  • Whatsapp
Luapan Sungai Besai menggenangi rumah warga dibantaran sungai di Pekon Tugumulya dan Purawiwitan Kecamatan Kebuntebu

Medialampung.co.id – Hujan deras yang terrace hampir merata diseluruh wilayah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), dari Pukul 19.00-23.15 WIB menyebabkan beberapa sungai besar meluap, seperti halnya Sungai (Way) Besai, menyebabkan terendamnya rumah warga di Pekon Tugumulya, dan Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu.

Berdasarkan informasi dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pekon Tugumulya, Sarkim Saputra, dampak luapan sungai tersebut menyebabkan Enam rumah yang terendam dari Pukul 01.00 WIB hingga Subuh Jum’at (8/5).

Bacaan Lainnya



Dimana keenam rumah itu dua diantaranya masuk wilayah Pekon Tugumulya, dan Empat rumah masuk Pekon Purawiwitan, terdampak hingga banjir mencapai 30-50 centimeter. Hingga penghuni rumah terpaksa dievakuasi oleh Tim Tagana bersama Aparatur pekon ketempat yang aman.   

“Lokasi terdampak banjir ini lokasinya berjarak sekitar Lima meter dari Daerah Aliran Sungai (DAS) dan ketika luapan air cukup besar memang menyentuh pemukiman,” ungkapnya. 

Selain ke enam rumah tersebut, puluhan hektar sawah padi juga terendam dengan kondisi buah padi siap panen.

“Kita belum dapat menafsir kerusakan dan kerugian karena masih proses pengecekan,” urainya. 

Terpisah Camat Kebuntebu Indrayani, M.Pd., menyebutkan luapan tersebut tidak sampai menyebabkan kerusakan walaupun sempat menggenangi beberapa rumah warga.

“Alhamdulilah air cepat kembali surut dan tidak menyebabkan kerusakan atau kerugian lainnya. Memang beberapa rumah setempat lokasinya rentan kebanjiran lantaran dekat dengan bantaran sungai,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait