Way Semangka Meluap, Sejumlah Rumah Terendam

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan sungai (Way) Semangka yang memisahkan Kecamatan Belalau dengan kecamatan Batubrak meluap pada Selasa, (31/12/2019).

Luapan tersebut sempat mengakibatkan sejumlah rumah warga yang terletak di dusun Kampung Sawah, Pekon Sukarame, kecamatan setempat tergenang hingga setinggi sekitar satu meter.

Bacaan Lainnya



Rahman (35), warga setempat menjelaskan, beberapa warga yang rumahnya terletak tidak jauh dari Way Semangka tersebut terpaksa diungsikan akibat rumah mereka sudah terendam hingga setinggi satu meter. “Hujan mulai turun sejak pukul 01.00 tadi malam, akibatnya dua keluarga terpaksa diungsikan karena rumah mereka terendam banjir,” ungkap Rahman

Meskipun air sudah mulai surut, namun menurut Rahman tidak menutup kemungkinan luapan air masih akan terulang kembali, mengingat musim penghujan masih belum berakhir. “Mereka khawatir terjadi luapan susulan sehingga untuk sementara mereka memilih untuk mengungsi,” kata dia.

Sementara itu, Camat Belalau  Sri Handayani, S.H.,mengimbau khususnya kepada warga yang bermukim di sekitar aliran sungai untuk tetap waspada, karena potensi hujan deras kemungkinan masih terjadi.

“Curah hujan yang tinggi tidak hanya terjadi di wilayah kita saja, sehingga potensi meningkatnya debit air sungai bisa sewaktu-waktu terjadi, sehinga perlu kewaspadaan dari masyarakat terutama yang tinggal di bantaran sungai,” kata Sri.

Selain diimbau untuk mewaspadai datangnya banjir, warga juga diingatkan terkait bahaya penyakit yang bakal muncul dimusim penghujan seperti sekarang ini. Ia menggambarkan biasanya penyakit yang bakal muncul di musim penghujan diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Selain bisa menyebabkan malaria, akibat gigitan nyamuk juga bisa menimbulkan gejala penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Khususnya bagi daerah yang mulai tergenang air, agar berhati-hati terhadap kesehatan, terutama diakibatkan oleh nyamuk yang tumbuh berkembang di musim ini,” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait