Waykanan Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kabupaten Waykanan, kembali meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama pada tahun 2021. Tentunya hal tersebut merupakan suatu kebanggaan yang harus dijaga dan semakin ditingkatkan, Kamis (29/7). 

Pemberian penghargaan yang dilakukan secara virtual tersebut, dilakukan di Ruang Rapat Utama Pemerintah Daerah Kabupaten Waykanan dan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Waykanan H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M., Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan H. Saipul, S.Sos., M.I.P., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Yunada Atiek, S.E., dan para Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Lainnya. 

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Bupati Kabupaten Waykanan memberikan  apresiasinya kepada seluruh elemen yang membantu mewujudkan Kabupaten Waykanan hingga berhasil kembali mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tingkat Pratama. 

“Saya tentunya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh elemen yang membantu khususnya masyarakat Kabupaten Waykanan. Hingga akhirnya kita kembali mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama untuk kedua kalinya,” jelasnya. 

Adipati juga berharap di tahun yang akan datang penghargaan yang didapatkan bisa meningkat ke tingkatan yang lebih tinggi. 

“Tingkatan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak itukan ada beberapa. Semoga di tahun yang akan datang Kabupaten Waykanan bisa mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi,” tegasnya. 

Di tempat yang sama, Yunada menambahkan  bahwa penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang didapatkan Kabupaten Waykanan untuk kedua kalinya. 

“Penghargaan ini merupakan kedua kalinya kita dapatkan di Kabupaten Waykanan. Hal ini berarti seluruh instansi seperti jajaran Pemerintahan Daerah Kabupaten Waykanan tetap berkomitmen untuk mempertahankan kerja samanya hingga Kabupaten Waykanan kembali berhasil mendapatkan penghargaan ini,” lanjutnya. 

Kepala Dinas P3AP2KB itu juga berharap penghargaan yang akan didapatkan di tahun depan akan meningkat. 

“Mudah – mudahan, dalam satu atau dua tahun kedepan penghargaan yang kita dapatkan bisa naik tingkatnya bahkan bisa mendapatkan tingkat Utama yang mana merupakan tingkat tertinggi dari penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak,” tutupnya. 

Sebagai informasi, tentunya penghargaan Kabupaten/Kota layak anak bisa didapatkan apabila suatu Kabupaten/Kota tersebut berhasil memenuhi Indikator penilaian yang telah ditentukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Indikator penilaian tersebut antara lain:

Kelembagaan

Klaster I   : Hak Sipil dan Kebebasan

Klaster II  : Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif

Klaster III : Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan

Klaster IV : Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, Kegiatan Budaya dan Kreatifitas

Klaster V  : perlindungan Khusus 

Dan Kabupaten Waykanan telah memenuhi seluruh indikator penilaian tersebut sehingga berhasil meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tingkat Pratama. (sah/mlo)


Pos terkait