Waytenong Raih Juara Umum di MTQ ke-23

  • Whatsapp
Ketua LPTQ Akmal Abdul Nasir menyerahkan piala bergilir kepada Camat Waytenong.

Medialampung.co.id – Kecamatan Waytenong Kabupaten Lampung Barat berhasil meraih juara umum pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun 2019 dan mendapatkan hadiah berupa satu unit mobil pick-up, yang merupakan hadiah pribadi dari bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, yang dihelat di Pondok Pesantren Roudlotus Solihin Kecamatan Air hitam.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ)  Lambar Akmal Abdul Nasir, S.H., yang secara resmi menutup kegiatan tersebut  mengharapkan, para qari-qari’ah, hafizh-hafizhah, yang meraih peringkat juara dalam MTQ agar bisa mempertahankan prestasi yang diraih.

Bacaan Lainnya


”Teruslah berlatih untuk mempersiapkan diri mengharumkan nama Lampung Barat pada MTQ tingkat selanjutnya. dan bagi anggota kafilah yang belum berhasil menunjukkan prestasinya dalam MTQ ini, saya harapkan tidak berkecil hati, teruslah berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan-kesempatan yang akan datang,” ujar Akmal.

Terusnya, penyelenggaraan MTQ ke-23 ini diharapkan dapat menambah wawasan, penghayatan dan cinta kita terhadap Al-Qur’an. Pelaksanaan MTQ tersebut juga merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-Qur’an.

          ”Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini. Kegiatan yang berkaitan dengan syiar islam ini akan menjadi sia-sia dan percuma saja apabila tidak memberikan pengaruh yang positif. Untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggungjawab seluruh komponen agar penyelenggaraan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini memberi pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita ke depan,” kata dia.

Terusnya, penyelenggaraan MTQ setiap tahunnya bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang pandai membaca, memahami dan mengamalkan Al-Quran serta lahirnya qori-qoriah, hafizh/hafizah, mufassir/mufassirah yang dapat  menjadi panutan dalam memasyarakatkan nilai-nilai Al-Qur’an di tengah-tengah kehidupan umat.

”Rangkaian MTQ ke-23 tingkat kabupaten tersebut dimulai tanggal 11 hingga 13 November 2019 di Ponpes Rotlotus Sholihin Pekon Gunung Terang Kecamatan Airhitam,  dimulai dengan penerimaan pendaftaran para kafilah, pawai ta’aruf, lalu dilanjutkan dengan acara pembukaan, dan untuk pelaksanaan lomba atau musabaqah akan mulai dilasakanakan Selasa (12/11) sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

”MTQ ke-23 ini diikuti oleh para peserta yang mewakili 15 kecamatan dan telah memenuhi ketentuan dan persyaratan sebagai peserta sebagaimana telah ditetapkan menurut peratun LPTQ,” ujarnya.

Terusnya, sebagai komitmen untuk mendukung keberadaan putera daerah, maka pihaknya sangat menekankan bahwa seluruh peserta merupakan putera daerah. Apabila terdapat peserta yang diindikasikan kuat dari luar Lambar atau telah menjadi peserta dan atau utusan dari kabupaten lain maka pada penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi di Pringsewu mendatang, pihaknya akan meminta untuk didiskualifikasi.

”Untuk para pemenang nantinya akan menjadi wakil Lambar pada lomba serupa di tingkat provinsi, namun dengan syarat peserta merupakan putra asli daerah,” pungkasnya.(nop/mlo)



Pos terkait