WBP Rutan Krui Ikuti Upacara Hari Pahlawan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Seluruh pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 yang dipusatkan di lapangan Rutan Krui, Rabu (10/11).

Kepala Rutan Kelas IIB Krui M.Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., bertindak sebagai Inspektur Upacara itu diawali dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan UUD, serta rangkaian lainnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, amanat Menteri Sosial RI dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2021, yang dibacakan M.Hendra Ibmansyah, menyampaikan bahwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan, harus menjadi contoh untuk menyatukan tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun.

“Serta tidak peduli akan keterbatasan demi mempertahankan tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Ditambahkannya, semangat tekad, dan keyakinan para pahlawan harus menjadi inspirasi untuk menggerakkan kita semua dalam mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Dimana hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan Tahun 2021 yakni “Pahlawanku Inspirasiku”.

“Karena itu, dalam memperingati Hari Pahlawan ini, kita juga mengajak seluruh Pegawai, maupun WBP di Rutan Krui ini untuk mengenang sekaligus mendoakan para pejuang yang telah gugur demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di Rutan Krui ini juga atas dasar Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Nomor SEK-UM.04.01-184 tanggal 03 November 2021 tentang pedoman pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Pahlawan 2021. Sehingga, di Rutan Krui ini menyelenggarakan upacara tersebut bersama pegawai dan WBP. Tentu dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa menjadi renungan bagi semuanya untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan.

“Kegiatan upacara ini juga tetap dengan memperhatikan disiplin protokol kesehatan yang ketat dan adaptasi kebiasaan baru guna mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait