WCS-Polhut TNBBS Pantau Keberadaan Harimau

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialmapung.co.id – Untuk memastikan keberadaan harimau sumatera, yang sebelumnya memangsa dua hewan ternak kambing milik warga Pemangku II Kayu Kehenak, Pekon Atarkuwau, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat. Anggota Polisi Kehutanan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)  bersama Wildlife Conservation Society (WCS) bermalam di lokasi untuk memantau keberadaan harimau tersebut.

Camat Batuketulis Sutian mengatakan, bahwa pihaknya bersama anggota Polhut TNBBS dan WCS sempat melakukan peninjauan di lokasi pada Minggu (19/1), dan dapat dipastikan bahwa pemangsa hewan ternak tersebut adalah harimau sumatera.

Bacaan Lainnya



“Kami sudah melakukan peninjauan, dan kemarin (Minggu”Red) TNBBS dan WCS bermalam di lokasi untuk mengecek keberadaan harimau tersebut, sekaligus memberikan arahan kepada masyarakat setempat,” terang Sutian.

Atas nama pemerintah kecamatan, pihaknya telah memberikan imbauan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, terlebih saat melakukan peninjauan di lokasi, salah satu hewan ternak yang di simpan oleh harimau di rumpun bambu tersebut telah berpindah tempat.

“Kami minta masyarakat waspada, karena harimau  tersebut di prediksi masih berada di sekitar pemukiman, karena salah satu mangsa yang disimpan di rumpun sudah pindah dari lokasi sebelumnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Peratin Atarkuwau Tri Aryogi mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan Polhut TNBBS bersama WCS sejak Minggu (19/1) itu belum terlihat tanda-tanda keberadaan harimau tersebut, namun di sela pemantauan pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Belum terlihat, siang ini mereka sudah kembali ke pos mungkin nanti malam di pantau lagi. Masyarakat diberi pengarahan pencegahan supaya aman dari harimau tersebut,” imbuhnya.(edi/lus/mlo)



Pos terkait