WNA Dominasi ODP Di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kini mencatat 86 orang wisatawan mancanegara dan satu warga Pesbar masuk dalam orang dalam pantauan (ODP) penyebaran coronavirus disease (Covid-19).

Jumlah ODP itu menurun signifikan, dimana sebelumnya terdapat 206 orang ODP yang terdiri dari 200 orang wisatawan mancanegara dan enam orang warga kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya



Kadiskes Pesbar, Tedi Dzadmiko, S. Km., mengatakan masyarakat yang termasuk dalam ODP merupakan warga Kabupaten Pesbar yang pernah berada di daerah yang terpapar virus corona baik didalam negeri maupun luar negeri.

Sedangkan untuk ratusan wisatawan mancanegara itu, secara keseluruhan kita pantau keberadaannya, hal itu sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 di kabupaten ini, kata dia.

Dijelaskannya, berkurangnya jumlah ODP hingga Jumat (20/3) itu karena masa pemantauan wisatawan mancanegara dan warga Kabupaten Pesbar telah selesai, dan tidak ada yang menunjukkan gejala terjangkit virus tersebut.

Selain berkurang karena masa pemantauan telah habis yakni selama 14 hari, banyak wisatawan mancanegara yang pulang ke negara mereka karena setelah beberapa hari berada di Kabupaten Pesbar, jelasnya.

Sementara itu, terkait pasien dalam pengawasan, hingga kini tidak ada di Kabupaten Pesbar, hal itu karena semua ODP yang ada di kabupaten tersebut semuanya dalam kondisi sehat dan tidak ada yang menunjukan gejala terjangkit Covid-19.

Meski ada ODP di kabupaten ini, namun semuanya telah sehat dan tidak ada yang mendapatkan perawatan karena terjangkit virus itu, kita harap semua ODP dalam keadaan sehat, terangnya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat agar berperan aktif melakukan pemeriksaan di Puskesmas terdekat, terutama bagi masyarakat Kabupaten Pesbar yang pernah berada di daerah yang memiliki kasus positif Covid-19.

Kita juga minta masyarakat yang menderita inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) agar memeriksakan diri ke Puskesmas, dan akan masuk dalam ODP terutama warga yang pernah berkunjung ke daerah lainnya, ujarnya.

Pihaknya berharap Kabupaten Pesbar tetap aman dari serangan virus tersebut, salah satunya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan serta menyiapkan hand sanitizer saat bepergian

“Kami berharap aktivitas diluar ruangan bisa dikurangi, terutama bagi masyarakat yang pernah mengunjungi daerah positif Corona, hal itu untuk mencegah penularan ke warga lain, pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait